Jazuli Juwaini Apresiasi Padepokan TTKDH Al Wakhdan Cadas Putih

Serang (05/01/2018), Satubanten.com – Salah satu Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dr. H. Jazuli Juwaini mengunjungi salah satu padepokan kesenian asli daerah Banten yakni Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKDH) Al Wakhdan Cadas Putih, Sabtu (5/1). Padepokan yang terletak di Kampung Karondangan, Kelurahan Sepang, Taktakan, Kota Serang tersebut ia kunjungi usai bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kunjungannya tersebut, Jazuli mengungkapkan bahwa kesenian menjadi sesuatu yang patut dilestarikan keberadaannya terutama kesenian Tari Tjimande. Kesenian adalah cerminan dari kebudayaan masyarakat.

“Kita berharap kesenian semacam ini terus terjaga dan berkembang karena ini bentuk kekayaan budaya masyarakat,” tutur Jazuli.

Dirinya juga mengapresiasi Padepokan TTKDH binaan Sanusi tersebut bukan hanya karena konsistesinya melestarikan kesenian daerah. Namun juga karena daya kratifitasnya dalam membuat sendiri alat-alat yang digunakan dalan pertunjukan tari seperti kendang, seruling dan peralatan music lainnya.

“Ini menjadi nilai lebih apalagi alat-alatnya juga dibuat sendiri. Jadi hal seperti ini tentu harus dipertahankan,” imbuhnya.

Baca Juga : Jazuli Juwaini Beri Bantuan 10 Mesin Untuk Petani Serang

Jazuli menegaskan bahwa kesenian tersebut selain bersifat sebagai hiburan juga bisa digunakan sebagai media ketaatan beragama. Kesenian tari Tjimande yang kental dengan ritual do’a – do’a juga bisa digunakan untuk sarana mendekatkan diri kepada Allah.

“Sebagai salah satu bentuk kesenian, tari ini selain sebagai hiburan tentunya bisa digunakan sebagai sarana untuk terus mendekatkan diri kepada Allah,” pungkasnya.

Selain berkunjung ke Padepokan Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKDH) Cadas Putih Karondangan, Jazuli Juwaini juga aktif melakukan Layanan Kesehatan (Yankes) dan Fogging untuk masyarakat. Program ini dinilai penting dan penting bagi masyarakat, terutama menjelang musim hujan seperti sekarang ini.

Sejak menjadi salah satu anggota DPR RI dirinya mengaku rutin melaksanakan dua program ini sebagai salah satu program unggulan bagi masyarakat. Hingga kini Yankes dan Fogging gratis yang digagas oleh Jazuli Juwaini telah menjangkau berbagai daerah di Banten dari Tangerang, Serang, Cilegon hingga daerah Merak. (SBS/032)

You might also like
Comments
Loading...