Jazuli Juwaini Apresiasi Kiprah Pendidikan Mathla’ul Anwar

Serang (23/6/2018) Satubanten – Organisasi besar kerap melahirkan orang besar dan berpengaruh baik dalam skala lokal maupun nasional. Sebagai contoh yakni Mathla’ul Anwar yang telah melahirkan tokoh lokal maupun nasional salah satunya yakni Dr. H. Jazuli Juwaini yang saat ini menjadi salah satu anggota DPR RI. Hal inilah yang menjadi alasan alumni Mathla’ul Anwar ini hadir dan memberikan tausiyah dalam acara “ Pelepasan & Pentas Kreativitas Siswa/Siswi TKIT, MI, MTS dan MA Yayasan Daar El Aziz Mathla’ul Anwar” Sabtu (23/6) malam.

“Saya bangga menjadi alumni Matlalul Anwar, karena Matlalul Anwar konsisten  mengembangkan ilmu pengtahuan sesuai dengan disiplinnnya,” kata Dr. H. Jazuli Juwaini saat membuka tausyiahnya.

Hubungan emosionalnya dengan Mathla’ul Anwar memang sudah terbangun sejak remaja hingga saat ini. Saat dicalonkan menjadi salah satu anggota DPR RI, dirinya bahkan sedang memegang salah satu jabatan penting di Pengurus Besar Mathla’ul Anwar yakni sebagai Ketua PB Mathla’ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM periode kepengurusan 2008-2013. Dalam periode kepengurusan selanjutnya Ia kembali memegang jabatan penting yakni Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla’ul Anwar.

“Makanya saya katakan, berbahagialah ibu bapak yang menitipkan anak anaknya di MA. Insyaallah seluruh yang sekolah di MA keluar dari MA memiliki ilmu yang bermanfaat. Kenapa ? karena guru-gurunya yang mengajar semuanya ikhlas,”  kata Dr. Jazuli Juwaini dalam tausyiahnya.

Dr. H. Jazuli Juwaini Bersama Pengurus dan Dewan Guru Daar El Aziz Mathla’ul Anwar (Foto : ysf/SBS04)

 

Dalam sambutan acara yang bertema,”Pendidikan Madrasah Mempersiapkan Generasi Masa Depan Dengan Ilmu, Iman dan Taqwa” di Sadatani, Cinangka, Kab. Serang tersebut, Ia mengapresiasi kerja – kerja yang telah dilakukan oleh Mathla’ul Anwar dalam mendidik generasi muda. Sebagai Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yang telah memasuki usia seabad dan mengususung moto “Turut mencerdaskan kehidupan bangsa”, komitmen Mathla’ul Anwar dalam mendidik tentu tidak bisa diragukan.

“Alhamdulillah sejak berdirinya Mathla’ul Anwar, banyak tokoh-tokoh besar secara nasional maupun dalam tingkat lokal, yang dilahirkan dari produk pendidikan Mathla’ul Anwar. Ini menjadi sebuah kekayaan besar. Kita berharap kedepan gubernur banten lahir dari Mathla’ul Anwar ini,” imbuhnya.

Dalam tausyiahnya tersebut, Dr. H. Jazuli Juwaini, MA juga mengatakan bahwa keikhlasan dalam mendidik adalah kunci untuk dapat mensukseskan proses belajar mengajar. Itulah mengapa niat mengajar tidak boleh terganggu dengan adanya kendala materiil yang menyertai. Oleh karena itu, tanggung jawab orang tua dalam memberikan kewajiban administratif anaknya tentu menjadi faktor penting dalam keberlangsungan proses belajar mengajar.

“Guru-guru ini mendidik anak-anak kita itu karena Allah SWT, bukan karena gaji. Kalau guru-guru mendidik anak-anak kita karena gaji, udah bubar nggak ada yang mau ngajar lagi. Tapi di sisi lain, orang tua harus bertanggung jawab. Kalau tiap hari gurunya ngapal terus, dapurnya nggak ngepul keluarganya ngamuk juga,” kata Dr. H. Jazuli Juwaini, MA.

Pada akhirnya keberhasilan pendidikan seorang anak adalah hasil gabungan dari kerjasama antara orang tua dan pengajar di sekolah. Faktor yang sangat penting dalam pendidikan inilah yang sejak dahulu dipesankan oleh Nabi Muhammad kepada umat Islam agar tidak meninggalkan generasi penerus dalam keadaan lemah. Pendidikan yang berkualitas akan menguatkan seorang anak baik secara moral maupun mental. (IBC/SBS32)

You might also like
Comments
Loading...