Jasa Marga Siapkan CCTV untuk Tilang Elektronik Tol Jakarta

Serang, (19/11/2019), SatuBanten – Bagi warga Banten yang berkendara roda empat dan ingin melintas di dalam jalur jalan tol Jakarta mulai saat ini harus ekstra hati-hati. Pasalnya PT Jasa Marga Tbk (Persero) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement atau E-TLE) di jalan Tol Dalam Kota. Hal ini sejalan dengan upaya mengurangi tingkat kecelakaan di jalan Tol.

Traffic Management Department Head PT Jasa Marga Tbk (Persero), Atika Dara Prahita, mengatakan, saat ini kamera yang bisa mengidentifikasi batas kecepatan kendaraan tersebut sedang di uji coba dan akan diterapkan secara penuh tahun ini.

“Sampai akhir tahun kamera itu akan dipasang di 22 titik. Saat ini sedang dilakukan uji coba. Rencana paling dekat kami, akan mulai diterapkan untuk penindakan pelanggaran kecepatan di Tol dalam kota,” katanya, Selasa (19/11/2019).

Terkait penindakannya, kata Atika, bagi para pengendara yang terdeteksi melanggar kecepatan (overspeed atau lowerspeed) akan diberikan teguran kepada petugas dan dikirimi surat tilang berdasarkan identifikasi nomor kendaraan yang tercantum.
Penindakan akan berkolaborasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Selain itu, kita juga akan memasang Wight In Motion (WIM) di lima lokasi lagi hingga akhir tahun. Rencananya di Jakarta-Cikampek, Jakarta-JORR menuju Tangerang, dan lain-lain,” ujar dia.

Perlu diketahui, WIM adalah alat timbang untuk mengidentifikasi muatan kendaraan berat. “Kami akan fungsikan, sehingga bagi kendaraan berat yang teridentifikasi melanggar ketentuan batas muat akan dikeluarkan dari jalan tol. Kami juga punya pengukuran untuk batas dimensi di sana,” kata Atika.

“Kami harap dengan berbagai upaya pencegahan ini bisa mentertibkan semua kendaraan yang melintas di jalan tol sehingga tercipta zero accident di masa mendatang,” katanya.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan Jasa Marga selama Januari-September 2019 sudah ada 780 kecelakaan di jalan tol. Dalam artian, setiap harinya ada 3 kecelakaan yang terjadi di seluruh tol yang ada di Indonesia.

Nah, bagi pengendara asal Banten yang hendak melintas di jalan Tol dalam kota Jakarta, harus mulai waspada agar tidak terkena tilang elektronik. (Haris/SBS)

You might also like
Comments
Loading...