Jargas Sudah Dirasakan 5.043 Warga Kabupaten Serang

Serang, (12/01/2019)-  satubanten.com- Upaya lobi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah agar Kabupaten Serang mendapatkan program jaringan gas rumah tangga (jargas) dengan langsung bertemu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan pada Agustus 2017, sudah direalisasikan.

Awal 2019 ini, sebanyak 5.043 warga Kecamatan Kramatwatu sudah bisa merasakan manfaat program jargas dari Perusahaan Gas Negara (PGN).

Peresmian pengoperasian Jargas tersebut dilakukan bersama dengan Sekjen Kementrian ESDM Ego Syahrial dan Direktur Utama PGN Gigih Prakoso dan halaman kantor Kecamatan Kramatwatu, Jumat (11/1/2019). Jargas tersebut juga bagian dari realisasi penandatanganan kerja sama antara Pemkab Serang dengan Kementerian ESDM pada Maret 2018.

Bupati mengaku senang atas respons positif Kementerian ESDM agar Kabupaten Serang mendapatkan program Jargas. Sebab, aliran pipa PGN melintasi wilayah Kabupaten Serang. “Jargas ini disalurkan kepada rumah yang terlewati oleh pipa PGN yang berjarak 0,5 kilometer sampai satu kilometer dari pipa utama. Program ini diutamakan untuk rumah tangga menengah ke bawah,”.

Penerima manfaat program Jargas yang diberikan oleh Kementerian ESDM di Kabupaten Serang berlokasi di Kecamatan Kramatwatu untuk lima desa. Yakni terdapat Desa Toyomerto, Pejaten, Serdang, Wanayasa, dan Kramatwatu. ”Dengan jaringan gas masuk ke rumah, menghemat pengeluaran masyarakat setiap bulan dan ketika butuh gas tidak akan habis,”

Meski tahun 2018 Kabupaten Serang sudah mendapatkan program jargas untuk 5.043 rumah, Bupati sadar bahwa harus lebih banyak masyarakat yang mendapatkan jargas. “Kami akan mengajukan kembali agar Kabupaten Serang mendapat lagi kuota program ini. Dengan jargas untuk rumah tangga, akan lebih menghemat, praktis, dan aman,” ( Sbs/011/Rls )

You might also like
Comments
Loading...