Janji Rp1,4 Miliar, Dana Desa Cuma Cair Rp120 Juta

Jakarta (23/12/14), satubanten.com – Janji pemerintah pusat memberikan dana desa hingga Rp 1,4 miliar setiap tahunnya, ternyata hanya janji manis belaka.

Hal itu dipastikan usai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan lima Peraturan Menteri (Permen) terkait pedesaan. Yang masing-masing Permen berisi tentang kewenangan, keuangan, musyawarah, pelatihan dan pendampingan, serta Permen hal Peraturan Pedesaan.

Permen tersebut untuk mengatur regulasi teknis. Sehingga dalam anggaran untuk desa ada payung hukum dan rujukannya. Apalagi Undang-undang Desa telah mengamanatkan pada pemerintah mengalokasikan anggaran Dana Desa sebesar 10 persen di luar dana transfer daerah atau sekitar Rp1,4 miliar per desa.

“Tapi alokasi dana itu tidak mencapai angka Rp 1,4 miliar karena minimnya dana yang dianggarkan. Pemerintah mengalokasikan Rp 9,01 triliun untuk alokasi dana ke desa-desa, atau masing-masing desa hanya mendapatkan Rp 120 juta,” katanya di Jakarta, Senin (22/12/14) kemarin.

Kementerian DPDTT berupaya agar kebijakan anggaran pemberdayaan masyarakat desa (PMD) dapat direvisi. Paling tidak ditambah menjadi Rp 29 triliun yang akan disalurkan ke 74.000 desa sesuai amanat UU Desa. Sehingga masing-masing desa dapat memeroleh Rp 350 juta lebih.

“Kita akan ajukan revisi, dinaikkan menjadi Rp 29 triliun. Dana PMD tersebut akan disalurkan ke 74.000 desa. Saya berpesan kepada kepala desa agar pelaporan dana harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena KPK akan mengawasi langsung dana ini. Kemudian, penggunaannya juga harus disesuaikan dengan potensi masyarakat desa,” ujarnya (B02/HT)

You might also like
Comments
Loading...