Jangan Konsumsi Minuman Berkafein Dalam Keadaan Perut Kosong

Kesehatan, (19/10/2018) Satubanten.com – Bagi sebagian orang, kebiasaan minum teh di pagi hari adalah suatu kewajiban. Dihidangkan bersama goreng pisang atau sepotong roti hangat membuatnya lebih nikmat.

Namun dibalik kenikmatan dari hidangan teh dan camilan hangat tersebut, tidaklah baik bagi kesehatan. Beberapa teori atau pendapat dari sejumlah pakar kesehatan, kebiasaan tersebut sebaiknya dihilangkan mulai dari sekarang.

Alasannya adalah karena mengkonsumsi teh hangat di pagi hari dapat menimbulkan beberapa gejala atau gangguan kesehatan bagi tubuh.

Misalnya dapat menggangu kesehatan gigi dan mulut, karena ketika mengonsumsi teh di pagi hari, maka mulut akan penuh dengan bakteri. Apalagi jika mengonsumsinya sebelum sikat gigi, maka jumlah bakteri dalam mulut akan semakin bertambah.

Hal tersebut dikatakan oleh seorang prostodontis di Manhattan New York Mazen Natour, D.M.D. Menurutnya jumlah produksi air liur akan berkurang ketika tidur. Sedangkan air liur merupakan pembersih dari bakteri mulut, dan apabila tidak sikat gigi sesudah bangun tidur dan langsung meminum teh, maka yang akan terjadi adalah bakteri semakin banyak

Sedangkan menurut ahli gizi, meminum teh di pagi hari dengan menggunakan gula dapat mengakibatkan erosi pada enamel dalam gigi. Karena, kadar asam yang ditimbulkan dari campuran teh dan gula tersebut. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka bisa jadi gusi akan mengalami peradangan.

Seperti yang kita ketahui kalau selain kopi teh juga memiliki kandungan kafein di dalamnya. Dan kafein tidak baik dikonsumsi pada pagi hari, apalagi pada saat perut dalam keadaan kosong. Sebaiknya meminum teh atau kopi dikonsumsi setelah perut terisi dan di atas jam 09.00 pagi.

Memang banyak orang yang menganggap jika mengkonsumsi banyak kafein dapat meningkatkan energi pada tubuh. Namun menurut beberapa pakar kesehatan hal tersebut tidak benar karena, mengkonsumsi teh atau kopi sebaiknya dikonsumsi setelah perut terisi agar nantinya tidak terjadi kembung.

Melansir dari laman The Health Site, teh dapat mengakibatkan perut kembung. Apalagi ditambah dengan minum susu, karena kandungan laktosa yang ada di dalamnya dapat mengakibatkan perut menjadi tidak karuan pada pagi hari.

Perut kembung disebabkan juga karena sistem pencernaan yang belum siap. Jadi apabila ingin mengkonsumsi minuman mengandung kafein atau susu sebaiknya makan terlebih dahulu. Dan jika perut sudah terisi walau hanya sedikit setidaknya pencernaan sudah siap menerima asupan teh, kopi ataupun susu, dan metabolisme tubuh pun tidak terganggu.

Mengutip dari food.ndtv.com, mengkonsumsi teh dalam keadaan perut kosong akan mengakibatkan ketidakseimbangan asam dan basa pada pencernaan yang belum terisi. Lambung pun jadi ikut tak karuan karena kedua kandungan yang tercampur tersebut.

Maka, dampaknya akan terjadi pada sistem pencernaan, seperti kembung, mulas, kram perut atau bahkan muntah. Atau bisa juga berpengaruh terhadap sikap tubuh seperti merasa gelisah dan cemas yang tidak diketahui apa penyebabnya.

Jadi apabila ingin meminum teh ataupun kopi tidak baik ketika perut dalam keadaan kosong. Dan jika ingin mengkonsumsi kedua minuman tersebut sebaiknya isi terlebih dahulu perut walau hanya sedikit makanan agar pencernaan seimbang dan kesehatan tubuh menjadi lebih baik. (SBS/Panda)

You might also like
Comments
Loading...