Jamkrida Banten Perluas Jaringan Hingga Ke Daerah Perbatasan

Serang, (04/09/2018) Satubanten.com – PT Penjamin Kredit Daerah (Jamkrida) Banten telah menjalin kerjasama dengan sejumlah koperasi yang ada di Banten. Hal tersebut merupakan upaya Jamkrida Banten dalam memperluas jaringan.

Direktur Utama (Dirut) PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman mengatakan, bahwa Jamkrida Banten saat ini telah menjalin kerjasama dengan sekitar 50 lembaga keuangan dan sejumlah koperasi yang tersebar di wilayah Banten.

“Sudah ada sekitar 50 lembaga keuangan yang bermitra dengan kami (Jamkrida), mulai dari bank umum, bank umum Syariah, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), baik yang Syariah maupun umum. Termasuk juga dengan koperasi konvensional, koperasi syariah dan beberapa lembaga keuangan lainnya,” ujar Hendra beberapa waktu lalu di kantornya.

Dia juga menjelaskan apa saja bentuk kerjasama itu sendiri. “Ada dua macam bentuk kerjasama kami, yaitu kerjasama produktif dan konsumtif,” katanya. Hendra juga menambahkan, kalau lembaga seperti koperasi tentunya membutuhkan lembaga penjaminan seperti Jamkrida agar terlindungi.

“Apabila terjadi kredit macet dan paling parahnya tidak sanggup bayar. Disitulah, peran Jamkrida untuk memberikan claim, yang selanjutnya claim yang di bayarkan bisa mereka putar kembali untuk anggota yang lain. Jadi memang mereka itu membutuhkan lembaga penjamin seperti jamkrida ini,” jelasnya.

Namun, dengan semua kerjasama tersebut Jamkrida juga tidak sembarangan untuk menjalin kerjasama terhadap beberapa lembaga. Sebelumnya dilakukan review, dan jika sudah terjalin akan dilakukan analisis.

“Lamanya, ada yang satu tahun sekali, atau enam bulan sekali, tergantung dari bagaimana perputarannya,” ucap Hendra.

Dengan pencapaian yang luar biasa, Jamkrida sendiri memiliki target untuk menjalin kerjasama di beberapa wilayah perbatasan, seperti Parung yang berbatasan dengan Bogor, kemudian Panulang yang berbatasan langsung dengan Ibukota Jakarta

“Kalau pihak kami sudah bekerjasama dengan pihak disana kan tentunya bisa mempermudah pelayanan terhadap warga Banten yang tinggal di perbatasan tanpa pihak sana khawatir karena tidak ada penjamin,” tutup Hendra Indra Rachman. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...