Jalan-jalan Dapat Hilangkan Stress

   (24/11/14) SatuBanten- Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkap, berjalan-jalan di wilayah yang lebih hijau seperti taman atau hutan kota dapat mengurangi tingkatan stres, meningkatkan rasa tenang dan juga meningkatkan mood.

    Memang ruang terbuka hijau di perkotaan sangat penting tidak hanya untuk memperbaiki kualitas lingkungan dalam artian fisik, namun juga terbukti dapat membantu memperbaiki kualitas pikiran manusia dari beban pikiran serta mengingkatkan kreativitas seseorang.
Namun menurut Profesor Sara Warber, dari Michigan University di Amerika Serikat, berjalan di alam seperti hutan, pegunungan atau sekitar danau yang indah mungkin lebih baik untuk relaksasi daripada berjalan di taman perkotaan.

   “Kami mendengar bahwa banyak orang mengatakan mereka merasa lebih baik setelah berjalan-jalan atau pergi ke luar kota,” kata Warber, seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (24/11/14).
“Tapi (sampai sekarang) belum ada banyak penelitian untuk mendukung kesimpulan bahwa perilaku ini benar-benar meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan,” imbuh Warber.

    “Temuan kami menunjukkan sesuatu yang sederhana seperti bergabung dengan kelompok berjalan di luar ruangan mungkin tidak hanya meningkatkan emosi positif seseorang tetapi juga dapat berkontribusi sebagai non-farmakologis (non-obat) untuk kondisi serius seperti depresi,” jelas Warber.
Studi sebelumnya telah menemukan bahwa berjalan dapat menunda timbulnya kanker, membantu mencegah obesitas, penyakit jantung dan diabetes serta menurunkan tekanan darah. Dua tahun lalu sebuah studi menemukan bahwa berjalan di hutan memicu 16 persen peningkatan perhatian dan memori dibandingkan dengan waktu yang sama berjalan di jalan yang sibuk. (BSB/005)

You might also like
Comments
Loading...