Jadi Wilayah Berpotensi Bencana, BMKG Pasang Menara Info Gempa di Pandeglang

Pandeglang (04/06/2020), Satubanten.com – Sebagai upaya mendeteksi gempa bumi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), berencana akan segera memasang menara info gempa di Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Hendro, saat melakukan ekpose bersama Sekretaris daerah Pery Hasanudin di Ruang Rapat Sekda, Kamis (4/6/2020).

Hendro mengatakan bahwa dengan adanya pemasangan menara info gempa di Kabupaten Pandeglang, BMKG bisa langsung mengetahui dengan cepat informasi gempa. Biasanya pada saat terjadi gempa bumi di Kabupaten Pandeglang, BMKG baru merilis info gempa tersebut sekitar 2 atau 3 menit setelah kejadian.

“Dengan adanya menara info gempa tersebut, saat terjadi gempa, dimana kami masih mengolah data gempa, disini bisa langsung mengetahui posisi pusat gempa, “katanya.

BACA JUGA :  Pandeglang Masuki Periode Transisi Darurat Menuju Pemulihan Bencana Tsunami

Ia menambahkan pihaknya saat ini memasang menara info gempa di Provinsi Banten sebanyak 10 titik. Sedangkan di Kabupaten Pandeglang sendiri sudah proses pemasangan di Kantor BPBD Kabupaten Pandeglang.

Kabupaten Pandeglang dipilih sebagai lokasi pemasangan karena merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi besar terhadap bencana, baik itu gempa bumi maupun tsunami. Hendro mengatakan rencana pemasangan akn selesai pada pertengahan Juni.

“Menurut rencana pemasangan alat tersebut pertengahan bulan juni sudah siap. Diharapkan dengan adanya pemasangan menara info gempa, bisa memonitoring dan memudahkan dalam memberikan informasi. Karena dalam hal ini kita bisa langsung mengetahui pusat gempa dimana, dan kekuatanya berapa, semua bisa diketahui secara cepat, sehingga bisa menginformasikan kejadian tersebut langsung kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin menyambut baik rencana pemasangan menara info gempa yang dilakukan oleh BMKG.

“Saya rasa sangat tepat BMKG memasang alat tersebut di Kabupaten Pandeglang, karena Kabupaten Pandeglang merupakan wilayah yang rentan bencana, baik itu bencana gempa bumi atau tsunami, sehingga dengan adanya alat ini kita bisa cepat memberikan informasi kepada masyarakat, “ pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...