Izin Peralihan Tipe C Terminal Cipocok Belum Rampung

Serang  (24/10/2019) Satubanten.com –  Hingga saat ini Izin operasi Terminal Cipocok Jaya Kota Serang masih mengambang. Hal ini disebabkan karena Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang masih mengurus Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait terminal tipe C.

Kepala Bidang (Kabid) Teknik Sarana Prasarana Perhubungan Non Jalan Hardi Purnomo menjelaskan, Terminal Cipocok merupakan limpahan dari Pemkab Serang yang diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.  Sehingga, pihaknya belum memiliki Surat Keterangan (SK) terkait klasifikasi terminal tipe C.  Selain itu, titik penentuan lokasi pun perlu disesuaikan dengan jalur angkutan kota (angkot).

“Karena sewaktu masih di Pemkab, tidak ada klasifikasi, baik terminal tipe A, B dan C. Setelah ada klasifikasi, terminal tipe A masuk ke pusat, kemudian tipe B masuk ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, dan tipe C masuk ke kota/kabupaten.  Jadi bisa dibilang masih mengambang izin operasinya,” ujarnya ,  Rabu (23/10).

Dishub Kota Serang saat ini  sedang mengurus peralihan terminal dari tipe B ke tipe C. Sebab, Pemprov Banten telah melakukan peninjauan terhadap Terminal Cipocok, dan tidak layak sebagai terminal tipe B.  Jadi, pemprov berencana memindahkan terminal tipe B ke wilayah Kecamatan Curug.

“Saat ini memang, Terminal Cipocok itu masih tertulis sebagai tipe B. Namun, kami sudah mengurus untuk beralih ke tipe C, dan itu sudah kami kirimkan suratnya, baik pemprov maupun Pemerintah Pusat. Jadi nanti kami tinggal tunggu proses hukum dan pengesahannya saja,” jelasnya.

Oleh karena itu, saat ini, kata dia, sambil menunggu pengesahan dan Perwal, Terminal Cipocok belum bisa menarik retribusi. Selain itu, terminal pun belum bisa digunakan dengan maksimal. Sedangkan untuk Peraturan Daerah (Perda) terminal tipe C sudah dalam proses di pemprov.

“Kalau sudah disahkan baru kami akan melakukan penataan. Perda itu sudah dibahas dengan DPRD dan tinggal menunggu dari provinsi. Jadi, sekarang ini Terminal Cipocok bisa dibilang tidak beroperasi sementara. Tapi sampe sekarang masih ada mobil luar daerah kota yang suka mangkal,”pungkasnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...