Inilah Cara mencegah Batu Ginjal

SatuBanten- Orang-orang yang memiliki batu ginjal harus minum cukup cairan untuk menghasilkan dua liter urin per hari untuk mencegah pembentukan batu ginjal, menurut pedoman baru dari American College of Physicians.

Jika minum lebih banyak cairan tidak bekerja, pasien dapat mencoba “pil air” (dikenal sebagai diuretik) atau obat lain untuk mengurangi pembentukan batu.

“Rata-rata, minum cukup cairan sehingga anda memiliki dua liter urin per hari secara signifikan menurunkan risiko anda mengalami batu ginjal,” kata internis Dr. Robert Centor, seperti dilansir laman Fox News, Selasa.

Batu ginjal biasanya terbentuk dari kristal padat, termasuk kalsium oksalat dan menambahkan lebih banyak cairan mengurangi konsentrasi kepadatan dalam urin, sehingga sulit bagi batu untuk membentuk.

“Saya ingin urine pasien harus jelas, tidak kuning,” kata Centor lebih lanjut.

Lebih dari 10 persen pria dan tujuh persen wanita di AS akan mengembangkan batu ginjal dalam hidup mereka, menurut sebuah penelitian 2012. Ada beberapa bukti bahwa minum lebih banyak cairan dapat mencegah batu berikutnya tanpa menimbulkan efek samping. Jika itu tidak berhasil, mengambil diuretik thiazide, yang meningkatkan jumlah urin, dapat membantu. Pilihan lainnya termasuk sitrat, yang melekat pada kalsium dalam urin dan menjaga kristal dari pembentukan, atau obat yang disebut allopurinol.

Pasien harus mencoba dua opsi pertama sebelum allopurinol, yang juga digunakan untuk mengobati asam urat dan dapat menyebabkan kantuk, diare dan sakit perut,” kata Centor.

“Ada berbagai jenis batu ginjal, tetapi pada umumnya orang berisiko tinggi dapat mengurangi asupan sodium mereka, mengurangi protein hewani dan mencoba untuk mendapatkan lima buah dan sayuran segar per hari,” kata Dr John A. Sayer, Dosen Klinis Senior di Nephrology di Institut Genetika Kedokteran di Newcastle University di Inggris. (BSB/005)

You might also like
Comments
Loading...