Inflasi IHK Provinsi Banten Diperkirakan Meningkat Pada Triwulan II 2019

Serang (20/6/2019) Satubanten.com – Inflasi Indek harga Konsumen (IHK) di Provinsi Banten pada triwulan I 2019 tercatat menurun dibandingkan Inflasi Triwulan IV 2018.

Inflasi Pada Triwulan I 2019 sebesar 2,97% (yoy), sementara inflasi triwulan IV 2018 yang mencapai 3,42% (yoy) dan lebih rendah dibandingkan rata-rata historisnya yang tercatat sebesar 4,24% (yoy).

“Secara spasial, penurunan tekanan inflasi Provinsi Banten didorong oleh menurunnya realisasi inflasi di seluruh kota sampel IHK di Provinsi Banten yaitu Kota Tangerang, Kota Serang, dan Kota Cilegon. Namun, inflasi di Provinsi Banten tercatat lebih tinggi dibandingkan capaian inflasi regional Jawa dan Nasional yaitu berturut-turut sebesar 2,59% dan 2,48% .” ujar Pjs Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Banten Erry P Suryanto, kepada Satubanten.com, Rabu (19/6).

Ia memaparkan, pada bulan April dan Mei 2019, inflasi IHK berada dalam tren meningkat yaitu tercatat sebesar 3,14% (yoy) dan 3,54%, lebih tinggi dibandingkan triwulan I 2019.

Peningkatan tekanan inflasi tersebut didorong oleh kelompok Bahan makanan serta kelompok perumahan, listrik, air. gas dan bahan bakar yang didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat menjelang Idul Fitri serta terbatasnya stok seperti cabai merah, bawang putih dan daging ayam ras serta adanya penyesuaian tarif untuk jasa penyelenggaraan RT yang masih terjadi hingga triwulan II 2019.

“Inflasi Provinsi Banten diperkirakan meningkat pada triwulan II 2019 di rentang 3,4 – 3,8% (yoy). Peningkatan tekanan harga pada kelompok bahan makanan dan makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau akan menjadi pendorong utama tingginya laju inflasi pada triwulan II 2019.” papar Erry

Ditambah lagi peningkatan harga sejumlah komoditas bahan makanan didorong oleh meningkatnya permintaan di Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, belum tibanya masa panen dan adanya gangguan produksi beberapa komoditas bumbu-bumbuan seperti cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. (SBS-02)

You might also like
Comments
Loading...