Ineu Ramdhani : Bisnis Kecil Yang Menjanjikan Hingga Omset Jutaan Rupiah

Seorang pengusaha harus memiliki kreativitas dan mampu menangkap potensi dalam bidang usaha yang akan dia geluti, itulah bekal yang perlu dimiliki oleh pengusaha di era persaingan yang cukup ketat seperti saat ini .

Bekal inilah yang ditangkap oleh Ineu Sriwahyuni  salah satu generasi muda  yang memiliki sebuah usaha yang kini sudah di kenal di pasaran khususnya di wilayah Pandeglang. Ineu merupakan seorang pengusaha singkong dengan aneka rasa, mulai dari rasa tiramisu, keju, coklat, matcha, stroberi, hingga manis. Perempuan asal desa Desa Cicaheum, Jl Gunung Karang, Pandeglang, Banten, memulai usahanya sejak 2016 lalu.

Mulanya Ineu hanya iseng membuat makanan cemilan untuk dirumahnya, yang kemudian dari keisengannya tersebut dia mencoba untuk menambahkan berbagai macam rasa dan dia coba untuk menjualnya . “Awalnya sih cuma iseng-iseng bikin dirumah buat cemilan, terus kata orang rumah lumayan juga enak, tinggal di tambahin macam-macem rasa aja, contoh rasa keju dan coklat. Akhirnya saya coba untuk menjualnya,” ujarnya.

Kemudian cemilan singkong yang di buatnya mendapat banyak komentar dari sanak saudara dan teman-temannya kalau rasa singkongnya enak dan cocok untuk di jual. Ineu mulai mecoba memberanikan diri untuk menjualnya kepada teman dekatnya dan teman kampus. “Akhirnya saya memutuskan untuk nyoba jual singkong goreng dengan varian rasa sama temen deket dan teman kampus  saya dan alhamdulillah pada suka” kata Ineu.

Semakin hari pelangan Inue pun bertambah, hingga dia memiliki sejumlah pelanggan tetap. Karna itu juga Inue semakin memperluas penjualan cemilan singkongnya melalui media social untuk mempromosikan barang dagangannya. “Dari mulut ke mulut akhirnya banyak yang penasaran dengan singkong rasa yang saya jual. Dari situ saya memutuskan untuk lebih memperluas pemasaran dengan menggunakan media social seperti instagram dan facebook,”ujar wanita lulusan STIE Banten.

Barang dagangannya tersebut dia jual dengan harga mulai dari Rp.10.000 sampai Rp.15.000 per bungkusnya tergantung dari rasa yang membedakan harga dari singkong yang di jualnya .

Setelah dua tahun menggeluti bisnis singkong rasa yang bernama latin Manihot Esculenta ini, Ineu perempuan muda dan kreatif ini mulai merasakan buah manis berwiraswasta. Yang awalnya hanya di bantu dengan saudara dan orangtua sampai saat ini Ineu memiliki 2 orang karyawan dan dari keuntungnya,  sedikit demi sedikit dia kumpulkan untuk membangun tempat atau kafe kuliner makanan di depan rumahnya.

Dalam satu hari, Ineu dan karyawannya bisa mengolah 100 sampai 150 buah singkong untuk diolah menjadi singkong rasa yang lezat, dan menghabiskan 5 tabung gas elpiji.

Selain membuka tempat jajanan kuliner di depan rumahnya, terkadang ada juga yang memesan singkong rasa milik Ineu untuk acara arisan, kumpul keluarga bahkan orang dinas pemerintahan untuk hidangan rapat atau acara dinas. Berkat usaha ini dan kerja kerasnya dari usaha Singkong rasa, dia mampu meraup omzetnya hingga Rp 1 juta per hari saat ini.( Sbs/Hose)

 

 

You might also like
Comments
Loading...