Indonesia Ditunjuk Menjadi Tsunami Service Provider (TSP) Kawasan Samudera Hindia

Jakarta (13/3/2019) Satubanten.com – Indonesia ditunjuk oleh IOC UNESCO menjadi Tsunami Service Provider (TSP) yaitu penyedia informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami untuk 24 negara Kawasan Samudera Hindia, terus berperan dan berkontribusi aktif dlm pertemuan internasional.

Dalam rilis tertulis Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyebutkan pada tgl 9-12 Maret 2019 telah dilaksanakan pertemuan Twelfth Session of the Intergovernmental Coordination Group for the Indian Ocean Tsunami Warning and Mitigation (ICG/IOTWMS-XII) di Kish, Islamic Republic of Iran, yang merupakan pertemuan rutin 2 tahunan ICG/IOTWMS.

Pertemuan ini dihadiri oleh 8 negara (Indonesia, India, Australia, Pakistan, Thailand, Oman, Malaysia dan Iran), dengan tujuan utama adalah pemilihan ketua ICG/IOTMWS dan para anggota Working Group & Task Team.

Selain itu dalam pertemuan ini telah juga dilakukan kesepakatan atas kejadian Palu dan Sunda sebagai A Typical Event melalui kajian bersama, serta mereview kebijakan yang berlaku saat ini guna menjawab tantangan ke depan.

Dalam pertemuan ini, Indonesia kembali terpilih menjadi Ketua ICG/IOTWMS yang ke-6. Dwikorita Karnawati dipercaya menjadi Ketua ICG/IOTWMS selama 2 tahun ke depan, menggantikan Dr. Andi Eka Sakya.

Dengan terpilihnya kembali Indonesia untuk memimpin ICG/IOTWMS, diharapkan mampu menunjukkan peran aktif Indonesia dalam menjawab tantangan ke depan, serta lebih meningkatkan peran penting Indonesia dalam mengawal kebijakan internasional yg terkait gempabumi dan tsunami. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...