Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2025, PUPR Gelar Jambore Nasional

Bali (13/10/2019) SatuBanten. News – Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI sukses menggelar Jambore Indonesia ke-4, tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabanan menjadi tuan rumah. Kegiatan dipusatkan di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Kecamatan Marga, Kamis, (10/10).

Acara ini dihadiri oleh 250 peserta di seluruh Indonesia, dari 34 provinsi tak terkecuali Banten yang di hadiri oleh 10 orang dari Tangerang Selatan, Kab. Tanggerang hingga Serang. Tema dalam kegiatan ini “Generasi Masa Depan Generasi Peduli Sampah”. Adapun tujuan diadakan acara ini untuk menyukseskan program Indonesia Bersih dan Bebas Sampah Tahun 2025.

Hadir Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Pihak Kementrian PUPR RI, Sekda I Gede Susila, Asisten III Pemprov Bali, Forkompinda Kabupaten Tabanan, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, dan Camat Marga.

Anis masyuroh salah satu peserta asal Serang Banten menyampaikan pengalamannya mengikuti jambore. “Saya dan teman-teman lain hadir bukan perwakilan dari pemerintah tapi dari komunitas “forum kota serang”, karena acara ini juga sebenarnya agar saling komunikasi satu sama lain sehingga tidak berjalan sendiri karena kalau berjalan sendiri-sendiri itu di mata pemerintah tidak kuat tapi kalau kita menyatu dan menyuarakan sesuatu kepada pemerintah itu lebih didengar” ujar Anis

Ia menambahkan bahwa mereka ingin mencoba berkontribusi kepada wilayah dengan membantu pemerintah bergerak, tapi kita juga butuh dukungan dari pemerintah dengan hubungan secara legal melalui kebijakan pemerintah atau dukungan yang lain.

“Contohnya tidak menggunakan botol plastik pada saat acara di kepemerintahan sehingga masyarakat mengikuti, apa yang dilakukan pemerintah. Kita juga telah melakukan diskusi tentang mempetakan sampah di provinsi Banten seperti apa, kabupaten kota seperti apa. Apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan apa yang akan dilakukan oleh pemerintah.” tutup Anis

Selanjutnya Anis menjelaskan bahwa mereka berencana akan melakukan audiensi bersama pemerintah provinsi, menawarkan strategi atau menanyakan apakah pemerintah provinsi itu sudah punya strategi daerah apa belum untuk persoalan sampah karena mengurus sampah ini tidak hanya satu atau dua orang saja melainkan harus bersama-sama. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...