Imigrasi Serang Tegaskan 8 Orang WNA dari Ujung Kulon adalah Wisatawan

Serang, (10/12/2018) Satubanten.com – Kantor Imigrasi Serang yang menerima limpahan 8 orang Warga Negara Asing (WNA) yang diantaranya 4 warga Negara India dan 4 lagi dari Negara Nepal yang ditemukan tersesat tanpa identitas di wilayah Ujung Kulon, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang saat ini masih dalam pemeriksaan Kantor Imigrasi.

Menurut Kasat Reskrim Polres Pandeglang, AKP Deddy Hermawan mengatakan, diamankannya 8 WNA itu berasal dari laporan warga kepada kepolisian setempat. Hasil interogasi yang diterima oleh penyidik diketahui kalau mereka mengaku tersesat dan hendak kembali ke Jakarta.

“Jadi mereka ini ada 2 rombongan, yang 4 orang berasal dari Nepal dan 4 orang lagi dari India, mereka semuanya memiliki paspor. Mereka mengaku sedang berlibur menggunakan perahu dari Jakarta yang berangkat pada Kamis kemarin dan tersesat di Sumur,” ungkap Deddy.

Warga Negara India tiba di Indonesia pada tanggal 18 Novemver 2018 sedangkan warga Negara Nepal tiba di Indonesia pada tanggal 2 Desember 2018, masing-masing dari mereka memiliki fasilitas bebas visa selama 30 hari dan masih berlaku sampai saat ini, dan pada tanggal 6 Desember mereka memutuskan untuk berjalan-jalan, mereka berlibur menggunakan perahu dari Jakarta Namun, oleh nakhoda kapal mereka malah diantar ke Ujung Kulon.

Dari hasil pemeriksaan oleh pihak Imigrasi Serang, mendapati bahwa para turis ini adalah murni tersesat. Menurut Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Syamsul Efendi mengatakan bahwa 8 orang WNA ini tidak mengetahui jalan.

“Mereka datang ke Indonesia ingin berlibur dengan gaya Backpacker, semua identitas sudah kami periksa dan tidak ditemukan unsur kejahatan sama sekali, 4 orang warga Negara India adalah mahasiswa dan satu orang yang mendatangi orang tuanya untuk datang ke Indonesia yang menjelaskan bahwa anaknya datang ke Indonesia memang ingin berlibur,” Ungkap Syamsul, Senin (10/12/2018).

Lebih lanjut Syamsul mengatakan bahwa Warga negara Nepal memiliki tiket pulang pada tanggal 12 Desember dan untuk kepulangannya akan dikawal langsung oleh Imigrasi Serang, sedangkan untuk warga India tiket pulang besok tanggal 11 Desember 2018 dan untuk pulangnya masih akan di kawal langsung oleh Imigrasi Serang sampai Bandara Soekarno Hatta. (SBS/Shinta)

You might also like
Comments
Loading...