Idwar Bahru Neriko : Bangun Bisnis Untuk Tabungan Masa Depan

Seorang pemuda yang bekerja di salah sau perusahaan makanan ringan sekaligus mahasiswa semester akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Serang, memilih membuka usaha kecil-kecilan untuk tabungan masa depan dirinya dan juga istrinya, serta calon anaknya kelak.

Idwar Bahru Neriko atau biasa dipanggil Riko, membangun usaha Sosis Trotoar bersama sang istri sejak dua tahun lalu. Usaha Sosis Trotoar yang dirintisnya sejak pertengan tahun 2016 ini, merupakan salah satu bisnis dengan sedikit modal yang dimiliki serta tekad yang begitu kuat dan keyakinan mampu akan keberhasilan bisnisnya.

Pemuda yang lahir 25 tahun yang lalu ini tak malu untuk berjualan dan melayani pelanggannya. Aneka macam sosis yang dijualnya, mulai dari sosis bakar saus pedas, sosis bakar mentega, sosis bakar saus asam manis dan sosis bakar lada hitam. Tidak hanya varian sausnya saja, namun ada beberapa tambahan yang membuat daya tarik tersendiri bagi penggemar sosis bakar, yakni tambahan isi keju mozarela yang meleleh ketika dibakar.

Meski jatuh bangun dan kerugian yang didapat, Riko tak pernah menyerah dan dukungan sang istrilah membuat dirinya semakin kuat hingga bertahan sampai saat ini. “Memulai usaha itu kan sulit, apalagi saya yang benar-benar tidak memiliki pengalaman sedikit pun dalam berbisnis,” ujar Riko. Menurutnya, usaha adalah salah satu cara dirinya untuk menabung guna masa depan. Bekerja di zaman sekarang ini begitu sulit dan kalaupun dapat pekerjaan hanya sebatas kontrak dengan pendapatan yang hanya mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. “Daripada kerja jadi buruh pabrik yang dikontrak dan pendapatan minim, mending punya usaha sendiri walaupun kecil-kecilan, setidaknya punya penghasilan yang mencukupi dan tak terbatas,” kata Riko saat ditemui di lapak Sosis Trotoarnya.

Sambil melayani pembeli Riko mengatakan jika lapak Sosis Trotoarnya mulai buka pukul 19.00 hingga 23.00 WIB. Dan kisaran harga dari sosis yang dijualnya mulai dari Rp 4.000 untuk sosis ukuran kecil dan Rp 10.000 untuk sosis ukuran besar, harga ini juga berlaku untuk semua jenis jajanan yang dia jual. Selain sosis bakar, dia juga menjual aneka macam cemilan panggang seperti, otak-otak bakar, bacil, tempura, waka-waka (sejenis bola-bola ikan berbentuk bulat kerucut dengan isian keju didalamnya), dan bakso daging bakar. Pembeli juga bisa memesan sesuai selera dan cemilan apa yang diinginkan. Dengan tambahan saus dan mayones membuat rasa dan tampilan Sosis Trotoar semakin menggugah.

Riko juga mengungkapkan jika saus sosisnya adalah buatan tangan istrinya yang memang gemar memasak. “Iya ini sausnya bikin sendiri. Istri saya kan hobinya masak, jadi saus sambelnya enak, lain dari pada yang lain, hehe,” kata Riko sambil mengipas sosis untuk pelanggannya. Amel, salah satu pembeli yang mampir ke gerobak Sosis Trotoar merupakan pelanggan setia sejak satu tahun belakangan ini. “Sosisnya mungkin sama dengan yang lain, tapi sambelnya endes nampol bikin nagih pingin lagi, hehe. Udah ada kayaknya setahun kesini mulu hampir tiap malem dong,” katanya. (SBS/Shinta)

You might also like
Comments
Loading...