ICW dan Banten Bersih Soroti Maraknya Kasus Korupsi Dana Kesehatan di Banten

Serang, (22/11/2018) SatuBanten News – Indonesia Corruption Watch (ICW), dan Perkumpulan Banten Bersih menyoroti besarnya anggaran dana kesehatan di Provinsi Banten yang kerap jadi ladang korupsi, hal tersebut dikupas dalam Dialog Publik di Cafe Kebon Kubil, Kota Serang, Kamis (22/11).

Koordinator Banten Bersih, Gufroni, mengungkapkan data bahwa sepanjang tahun 2010-2018, terdapat 11 kasus sektor kesehatan yang menarik perhatian publik dengan anggaran sebesar Rp 112 Miliar dan terkait 24 tersangka atas kasus korupsi kesehatan.

Lebih lanjut Gufroni mengatakan bahwa korupsi dana kesehatan di Banten sudah lampu kuning, karena hampir di setiap kabupaten/ kota terdapat korupsi di bidang kesehatan. “Hal ini terlihat dari pembangunan Puskesmas, pengadaan alat kesehatan sampai dana jasa pelayanan juga dikorupsi hingga dana jaminan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Aktivis ICW, Ade Irawan mengatakan bahwa anggaran dana kesehatan di Banten rawan terjadi praktek korupsi. Analisa Ade berdasarkan hasil investigasi dan penegakan hukum oleh KPK, kepolisian dan kejaksaan. “Banyak kasus yang melibatkan pejabat dinas dari gubernur hingga kepala rumah sakit sampai oknum di rumah sakit. Item objek yang paling rawan terjadinya korupsi terdapat di pengadaan alat kesehatan dan obat,” ungkap Ade.

Ade melanjutkan bahwa modus korupsi yang biasa dipakai yaitu, membeli alat-alat kesehatan lebih murah dengan mark up harga berlipat kali. “Praktek korupsi seperti ini agak sulit untuk diawasi. Karena telah memakai mark up harga dan kongkalingkong dengan pengusaha,” jelasnya.

Sementara itu, Inspektur Pembantu Wilayah IIII, Inspektorat Banten, Dicky Hardiana mengakui bahwa memang kemarin banyak kasus korupsi bidang kesehatan di Banten. “Kasus korupsi alat kesehatan dimulai dari perencanaan anggaran yang kurang cermat dan tidak memahami pengetahuan dasar seputar dunia kesehatan,” ujar Dicky.

Kedepannya, menurut Dicky Tim Inspektorat akan lebih meningkatkan pengawasan dan peninjauan dari semua sector kesehatan agar dapat berjalan sesuai aturan. (Shinta/Zahra//SBS)

Suasana Diskusi Publik menyoroti kasus korupsi dana kesehatan di Banten. (foto:Shinta/SBS)

You might also like
Comments
Loading...