Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Home Credit Gandeng Yayasan Bangun Sekolah Perbaiki Infrastruktur MI Nurul Falah

 

Tangerang, 5 Oktober 2018

Yayasan Bangun Sekolah menjalin kerjasama dengen Home Credit untuk merenovasi Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Nurul Islam.

SatubantenNews – Yayasan Bangun Sekolah yang didirikan oleh salah satu Miss Indonesia, Maria Harfanti kembali meneguhkan niatnya untuk konsisten memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kualitas sarana pendukung bagi sekolah, guru dan murid. Setelah sukses dengan program pembangunan sekolah yang pertama, kini Yayasan Bangun Sekolah kembali membuka project baru bersama Home Credit.

Sekolah yang menjadi sasaran kali ini adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Falah yang terletak di Jl. Ciodeng No. 18, Desa Palasari, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Sekolah ini tergolong sudah tua. Berdiri sejak 1987, barangkali menjadikan sekolah ini sebagai yang tertua di antara sekolah – sekolah lain di Desa Palasari. Awalnya adalah Diniyyah atau Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), namun kemudian karena di Desa Palasari tidak ada madrasah, Nurul Falah kemudian dibangun oleh pemerintah pada 2007 dan  menjelma menjadi madrasah.

“Ya memang sudah lama sih, kalau orang mah mikirnya sekolah swasta itu mungkin dikatakan mampu. Tapi ya kenyataannya begini, kalaupun ada sedikit itu dari dana  BOS,” tutur Armin, Kepala Sekolah MI Nurul Falah.

Meski sudah berdiri sejak lama, namun jumlah muridnya tidak seperti yang kita bayangkan sebagaimana sekolah yang sudah berumur lainnya. Dalam 3 lokal ruang kelas, jumlah total murid di MI Nurul Falah hanya 105 orang dengan pengajar sejumalh 10 orang, termasuk pak Armin sendiri. Oleh karena itu, dirinya merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari Yayasan Bangun Sekolah beserta donatur yakni Home Credit.

“Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan teman – teman bapak ibu semua dari Yayasan Bangun Sekolah, sudah berkenan memberikan bantuan,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan oleh manager Home Credit, Ali Hufron kepada pendiri Yayasan Bangun Sekolah, Maria Harfanti karena telah menghubungkannya dengan MI Nurul Falah. Pasalnya, Home Credit setiap tahun memang rutin melakukan program CSR kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, salah satunya kepedulian di bidang pendidikan.

“Kami dari Home Credit juga sebenarnya sering melakukan aksi-aksi sosial semacam ini. Tahun lalu kita di Mauk, lalu pernah juga kita aksi bersih sampah di Kali Ciliwung,” tutur Ali Hufron.

Ali juga mengatakan bahwa pihaknya sebisa mungkin akan membantu untuk dua hal. Yang pertama, untuk perbaikan infrastruktur untuk mendukung kegiatan belajar siswa. Kedua, bagaimana caranya agar para siswa mau datang ke MI Nurul Falah, mendaftar sebagai siswa. Karena bagaimanapun, lembaga pendidikan tidak akan bisa berjalan jika siswa yang akan dididik tidak ada.

“Apalagi kalau sekolah swasta kan nggak tergantung dari pemerintah, jadi seperti kata pak Armin tadi, hanya bergantung dari dana BOS. Yang sebulan hanya sekitar Rp 400 ribuan itu kan tidak mencukupi untuk sehari – hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Maria Harfanti sendiri berharap proyek Yayasan Bangun Sekolah kali ini bisa segera dimulai. Hal ini dilakukan agar para siswa bisa segera menikmati ruang kelas yang baru yang nyaman untuk belajar.

“Saya sendiri berharap mulai tanggal 20 (Oktober) ini kita sudah mulai pembangunannya. Untuk teknisnya – teknis pembangunannya nanti kita rincikan apa saja yang mau dikerjakan terlebih dahulu,” tuturnya.

Beberapa perbaikan yang akan dilakukan oleh Yayasan Bangun Sekolah dan Home Credit pada MI Nurul Falah antara lain, perbaikan atas sekolah yang sudah jebol dan mengalami kebocoran. Perbaikan area perpustakaan yang berantakan dan tidak tertata. Perbaikan lantai dan kaca cendela yang pecah. Melakukan pengecatan ualng pada bangunan sekolah dan pebaikan dinding sekolah, tempat sampah dan bebera perbaikan lainnya.

Tanggal 20 Oktober nanti, acara launching pembangunan akan dilakukan. Sebanyak 15 orang volunter dari Home Credit siap dikerahkan untuk membantu menyelesaikan perbaikan di MI Nurul Falah ini. Di samping itu Bangun Sekolah juga akan menerjunkan volunternya untuk berbagi ilmu di kelas. (IBC/SBS32)

You might also like
Comments
Loading...