Hindari Kerumunan di Kapal, Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Siang Hari

Pelabuhan Merak (04/05/2021) satubanten.com – Jelang H-2 pelarangan mudik pada tanggal 6 Mei 2021 mendatang, penampakan Pelabuhan Merak saat ini sudah mulai dipadati ratusan kendaraan dan para penumpang pejalan kaki.

Rupanya mereka memilih pulang ke kampung halaman Pulau Sumatera lebih awal yaitu siang hari, hal ini dilakukan untuk menghindari antrean panjang dan kerumunan penumpang di dalam kapal.

Terlihat ratusan kendaraan pribadi di dermaga eksekutif dan sejumlah dermaga reguler di Pelabuhan Merak, Cilegon Banten terpantau ramai lancar dan volume kendaraan pemudik pada Selasa, 04/05/2021 siang ini tidak sepadat saat waktu subuh.

 

Meski demikian calon pengguna jasa masih didominasi oleh pengendara mobil dari wilayah Jakarta dan beberapa daerah lain DI kawasan Jabodetabek ataupun Jawa Barat.

Selain kendaraan roda empat, ada juga pemudik dengan sepeda motor dan mobil travel yang tengah menunggu antrean untuk masuk ke dalam Kapal yang hendak membawanya melintasi perairan Selat r menuju Pulau Sumatera.

“Saya milih mudik pada siang hari agar tidak berkerumun di dalam Kapal,” kata Adi salah satu pemudik pejalan kaki.

Pemudik pejalan kaki lainnya asal dari Jakarta menuju Lampung menuturkan alasannya memilih mudik jauh-jauh hari dan lebih awal guna menghindari keramaian dan desak-desakan di dalam Kapal.

“Saya sengaja berangkat mudik sekarang soalnya kalau nanti takut enggak bisa mudik karena kan sudah diberlakukan pelarangan mudik nanti tanggal 6 Mei,” ujarnya

Data terakhir dari PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Merak menyebutkan jumlah penumpang sebanyak 13.115 orang yang terdiri dari penumpang pejalan kaki dan di dalam kendaraan telah diangkut dan diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni

“Sementara untuk jumlah mobil dan sepeda motor sekitar 1500 unit lebih telah melintas dari Pelabuhan,” pungkasnya. (RR/SBS31)

Comments
Loading...