Hindari Kepadatan Pelabuhan Merak, Pemudik Bisa Beli Tiket Kapal di Rest Area

Serang (05/06/2018) Pada musim mudik lebaran 2018 ini, seperti tahun sebelumnya pihak pengelola Pelabuhan Penyeberangan Merak PT. ASDP Cabang Utama Merak akan bekerja sama dengan operator ruas tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandala Sakti (MMS) untuk melakukan penjualan tiket kapal di rest area sepanjang jalur tol menuju pelabuhan Merak.

Kerjasama ini merupakan upaya untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak menjelang Lebaran 2018. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandala Sakti, Sunarto Sastrowiyoto, “Nanti akan ada penjualan tiket ASDP di rest area. Ditempatkan rest area. Di jalur A yang ke arah Merak,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya akan mengkonsisikan rest area menuju Merak sebagai tempat dan sarana untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Merak nanti.

“Nanti kami kana kasih tau lewat papan VMS (Variable Message Sign) jika kondisi pelabuhan mengalapami kepadatan dan akan kami arahkan untuk beristirahat di rest area” lanjut Sunarto.

Dalam kesempatan serupa Sunarto juga berharap agar kondisi cuaca di Pelabuhan Merak tidak seperti tahun lalu sempat terjadi sedikit badai, “Ramalan BMKG sih enggak. Nanti kita kumpulkan di rest area. Kalau padat, kita ajak istirahat sejenak di rest area,”

ASDP sendiri memprediksi sekitar 1,6 juta penumpang kan menyeberang di Pelabuhan Merak-Bakauheni saat mudik nanti. Sementara itu, jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang akan menyeberang diperkirakan mencpai 319.261 unit pada tahun ini, atau meningkat bila dibandingkan tahun lalu yang hanya 290.237 unit. Rencananya ASDP Cabang Merak akan mengoperasikan 35 kapal untuk melayani sekitar 140 perjalanan. Namun, jumlah tersebut bisa saja bertambah dengan menyesuaikan kepadatan arus penumpang. (sbs04/ysf)

You might also like
Comments
Loading...