Hebat, Incenerator Mini TPST Citra Raya Mampu Tampung 4 Kubik Sampah

TANGERANG, Satubanten.com — Masalah penanganan sampah menjadi PR besar bagi Pemerintah Kabupaten Tangerang. Oleh karena itu Bambang salah seorang warga Kabupaten Tangerang membuat prototipe Incenerator atau tungku pembakaran  sampah padat menjadi materi gas, dan abu.

Ia mengatakan bahwa kalau penanganan sampah dianggap musuh maka tidak bisa diatasi. Tapi menurut Bambang, harus segera diatasi dengan baik dan dimusnahkan. Hal inilah yang menjadi motivasinya untuk membuat prototipe Incenerator di Tempat Pengelolan Sampah Terpadu (TPST ) Citra Raya.

“Sampah semakin hari semakin banyak, jadi sampah harus dimusnahkan dengan jumlahnya melebihi dari jumlah sampah yang datang agar sampah bisa terus berkurang,” tuturnya.

BACA JUGA : Meski Menjijikan, Maggot Jadi Angin Segar Penguraian Sampah Di Kota Tangerang

Menurut Bambang, prototipe incenerator TPST Citra Raya yang berlokasi di Desa Ciakar Kecamatan Panongan tersebut bisa menampung sampah hingga 4 kubik. Bukan hanya itu, dari hasil buangannya atau tingkat pencemaran udara yang dihasilkan juga sangat rendah.

“Bahkan sudah dites oleh instansi terkait terhadap ambang batas kewajaran dan semuanya masuk dalam kategori ambang batas dan aman bagi udara di sekitar,” imbuhnya.

BACA JUGA : Penampungan Sampah Tangsel Jebol, Airin Minta Bantuan Kota Dan Kabupaten Tangerang

Sementara itu Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat melakukan kunjungan bersama Kepala Bappeda Taufik Emil, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Ahmad Taufik, dan Camat Panongan, mengatakan bahwa Ia berharap nantinya ada kerjasama antar elemen masyarakat dengan pemerintah daerah sehingga dapat mengurangi sampah di masa yang akan datang.

“Ini masih diujicobakan terlebih dahulu, kita sedang mencoba mencari sistem yang memakai energi terbarukan,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...