Hati-hati, Jangan Semprot Tiga Komponen Ini Ketika Cuci Motor Injeksi

Satubanten.com – Sepeda motor yang memakai teknologi injeksi ternyata tak boleh dicuci dengan cara yang sama seperti motor umumnya yang memakai karburator. Alasannya adalah karena ada beberapa komponen pada motor injeksi yang tidak tahan air sehingga rentan rusak.

Memang benar terdapat pengaman anti air pada komponen tersebut yang telah diberikan oleh pabrikan, namun mencegah tentu lebih baik dari pada memperbaiki.

Apabila komponen injeksi itu rusak, maka biaya untuk mengganti pasti cukup besar.

Setidaknya ada tiga komponen yang rentan rusak jika terkena air pada sepeda motor injeksi, yaitu EMC, throttle body, dan soket. Letak ketiga perangkat ini terpisah sehingga Anda perlu berhati-hati saat membersihkannya.

Untuk bagian mesin, dianjurkan tidak menyemprot dari bawah ke atas, melainkan dari atas ke bawah saja karena terdapat komponen throttle body dan soket. Berhati-hati saat membersihkan bagian ini dan hindari kena air terus menerus.

Komponen lain adalah EMC yang berada di bagian spatbor belakang. Membersihkannya lebih dianjurkan cukup diseka dengan lap basah.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat penyemprotan air yang berlebihan, disarankan lebih baik mencuci sendiri sepeda motor injeksi Anda. Atau Anda bisa berpesan pada karyawan pencucian sepeda motor untuk berhati-hati dengan bagian yang telah disebutkan di atas. (bd/sbs)

You might also like
Comments
Loading...