Hari Libur, Pengunjung Museum Situs Kepurbakalaan Meningkat

Serang (26/10/2019) SatuBanten. News – Provinsi Banten adalah salah satu destinasi wisata religi yang patut dikunjungi. Di sana banyak objek wisata yang sarat akan nilai-nilai Islam, juga ada keberagaman agama, seperti bangunan Vihara Avalokitesvara dan Komplek Masjid Agung Banten.

Selain itu juga terdapat banyak sejarah yang bisa dikunjungi seperti museum, bangunan kerajaan yang elok akan sejarahnya di masa lalu, dan cerita mengenai kejayaan Kesultanan Banten.

Berdasarkan pantauan SatuBanten. News, jumlah pengunjung di Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama tidak sepi pengunjung bahkan di hari kerja banyak pengunjung dari sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada peserta didik.

Menurut salah satu mahasiswa magang Adinda, jurusan sejarah dari UIN SMH Banten total jumlah pengunjung museum di hari libur sekolah meningkat.

“Biasanya kalau hari kerja sekitar 80 orang dari sekolah, tapi kalau hari libur bisa mencapai 180 pengunjung dalam sehari.” ujarnya

SatuBanten. News juga sempat mewawancarai salah satu pengunjung, Agung dari Tangerang “Ini kali pertama saya berkunjung ke museum ini, awalnya cuman tau dari Internet dan kebetulan sekarang ada yang ngajak. Apalgi sekarang kan dari pemerintah Banten sudah mulai di urus ya Banten Lama ini jadi perubahannya drastis banget.” kata Agung

Untuk informasi Terletak Museum ini terletak di kawasan Banten Lama, tepatnya di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Museum Situs Kepurbakalaan berjarak 12 Km arah utara dari pusat Kota Serang.

Masuk ke area museum, pada bagian depan terdapat meriam Ki Amuk yang memiliki ukuran 2,5 m dan terbuat dari tembaga. Masuk ke dalam bangunan museum, terdapat 2 gerabah berukuran besar, sisa-sisa kejayaan zaman Kerajaan Banten Lama. Di sisi kiri bangunan, ada gambar yang menjelaskan kejayaan Kesultanan Banten lewat Pelabuhan Karangantu.

Pada bagian belakang, museum ini memiliki peninggalan perabotan rumah tangga. Barang berupa keramik, gelas, dan mangkuk ini didominasi dengan warna putih. Menuju pintu keluar museum, ada arca nandi yang merupakan peninggalan kebudayaan Hindu-Budha. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...