Harga Kambing Qurban Naik Berkali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Serang, (03/08/2018) Satubanten.com – Bisnis hewan qurban tampaknya tidak ada matinya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pedagang hewan qurban musiman yang menjamur di Kota Serang.

Namun sebagian pedagang, baik pedagang eceran maupun agen hewan qurban mengeluhkan dengan kenaikan harga hewan ternak tersebut yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi.

Salah satunya Yudhi (30), seorang agen hewan qurban yang berada di Kampung Tanggul, Jl. Samaun Bakri, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Dia mengaku kalau harga hewan qurban rata-rata naik sekitar Rp 600.000 sampai Rp 2.000.000 per ekornya. “Kenaikan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Dari yang biasanya Rp 2,8 juta sekarang jadi Rp 3,4 juta, bahkan dari yang awalnya Rp 5 juta tahun ini naik jadi Rp 6 atau Rp 7 jutaan,” katanya.

Sebelumnya pada tahun lalu harga kambing masih terbilang stabil. Adapun mengalami kenaikan masih diangka normal, namun sejak memasuki bulan puasa tahun ini kenaikan harga kambing mulai tidak stabil dan cenderung tinggi.

Ditambah lagi, lanjutnya, adanya kenaikan BBM pada beberapa waktu lalu. Karena kebanyakan kambing yang dia peroleh dari peternakan di daerah Garut dan Blitar.

“Ongkos kirimnya jadi naik pas bensin kemarin naik itu. Kita ambil barangnya kan di Garut sama Blitar. Udah kambingnya naik, ongkos kirimnya juga naik, ya jadi mahal deh,” ucap Yudhi.

Selain menjadi agen dan menjual hewan qurban, dirinya juga menerima penitipan hewan qurban. Usaha turun temurun tersebut sudah dilakukan ayahnya sejak puluhan tahun lalu. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...