Harga Cabai Merah di Pasar Cilegon Mulai Stabil

Cilegon (17/06/2019), Satubanten.com – Setelah sempat mengalami kenaikan cukup tinggi, kini harga cabai merah besar di Pasar Baru Kranggot, Kota Cilegon mulai stabil. Hal ini terjadi karena ketersediaan pasokan cabai merah besar yang cukup banyak dan terjaga. Akibatnya harga bisa ditekan ke angka yang cukup rendah.

“Kalau sekarang sudah mulai turun, ya walaupun masih cukup mahal juga sih. Tapi lumayan sekarang sekilonya kena 48 ribu. Kalu kemarin mah sampe 70 – 80 mas,” tutur Herman, salah seorang penjual cabai di Pasar Baru Kranggot.

Menurut Herman, harga Cabai Merah Besar memang sempat naik saat ramadhan sampai Rp. 70.000,- perkilo. Menjelang hari Raya Iedul Fitri Harga masih cenderung stabil. Kenaikan justru terjadi saat H+2 Iedul Fitri, dimana harga cabai merah besar sekilo bisa sampai Rp. 80.000,-. Setelah itu baru harganya berangsur turun hingga mencapai harga yang cukup stabil yakni Rp. 48.000 per kilo.

“Kalau sekarang mah barangnya bagus-bagus, nggak kayak yang kemarin. Yang ini seger-seger terus gede-gede cabainya, kalau yang kemarin itu banyaknya pada kering gitu cabainya juga,” imbuhnya.

Cabai Merah Besar yang dijual di pasar Baru Kranggot ini menurut Herman adalah hasil bumi Mataram dan Jawa Timur. Selain Cabai Merah besar, ada juga cabai rawit kecil yang harganya relatif rendah yakni di kisaran Rp. 35.000,- per kilo. Sedangkan untuk Cabai Setan per kilo juga masih cukup terjangkau yakni Rp. 30.000,-.

“Kalau yang rawit ini bagus juga, kecil-kecil tapi seger. Soalnya kalau rawit ini mah asli hasil dari Bojonegara sini, jadi lebih seger. Tapi kalau pedesnya masih kalah sama yang cabai setan itu. Kalau yang cabai setan yang agak kurang seger itu justeru pedesnya paling mantap dibandingkan yang cabai setan yang gede-gede ini. Kalau yang gede-gede ini dari Bandung, tapi pedesnya mah rada kurang sih,” kata Herman.

Harga Cabai Merah di berbagai pasar memang bervariasi tergantung dari jumlah pasokan dan regional. Di Pasar Bantul Jogja pantauna harga Cabai cenderung naik 2 kali lipat. Dari harga Rp. 12.000 – Rp. 15.000,- per kilo, kini harganya mencapai Rp.45.000 per kilo. Sementara itu di Pasar Mencos Jakarta harganya terbilang stabil yakni Rp. 40.000,- per kilo. Selain Cabai, Bawang Putih yang sempat naik juga kini sudah mulai turun dengan harga Rp. 30.000,- per kilo.

“Nah kalau Bawang Puting emang iya kemarin tinggi banget sampai 70 ribu per kilo, sekarang sudah turun 40 ribua. Kalau Bawang merah sih stabil aja 30 ribu per kilo. Barangnya juga bagus-bagus ini dari Brebes, gede-gede dan kering-kering banget,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

 

You might also like
Comments
Loading...