Hadiah Ekspedisi Untuk Deputi BUMN

Merak, Rabu 9 Agustus 2019

Saat Menteri BUMN Rini Soemarno telah selesai menyampaikan sambutan, MC memintanya tetap di tempat. Ia tampak kanget dan bertanya – tanya. Begitupun yang hadir dalam acara. Sesaat kemudian musik menggema, lagu yang akrab di telinga. Lalu MC meminta Deputi BUMN, Gatot untuk naik ke atas panggung acara. Karena ini adalah hari spesial baginya.

Satubanten.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno telah selesai menyampaikan sambutannya, dan telah bersiap – siap untuk turun dari panggung. Namun secara tiba-tiba MC meminta Rini untuk tetap berada di panggung. Tidak ada angin tiada hujan, wajah Menteri juga nampak bingung bukan kepalang. Tapi ia tentu mendengar kata-kata MC barusan, terang memintanya tetap di panggung sambutan.

“Kami harap Ibu Menteri jangan beranjak dulu, tetap di panggung,” begitu kata MC.

Tidak ada pemberitahuan sebelumnya, bahkan Rini juga tidak mengira-ngira apakah gerangan sebab ia diminta tetap disana. Tapi beberapa saat kemudian lagu menggema, liriknya akrab di telinga, milik grup Band Jamrud. Dengan suara khas Rock, yang keras namun serak-serak basah, Krisyanto langsung menghentak.

Hari ini…hari yang kau tunggu / bertambah satu tahun…usiamu / bahagialah slalu..

Disusul dengan suara MC melanjutkan kata-katanya yang sempat terputus.

“Karena hari ini, adalah hari ulang tahun Bapak Deputi, kepada bapak Gatot kami minta untuk naik ke atas panggung,” kata MC membahana penuh tenaga.

Menteri Rini langsung menengok salah satu Deputinya tersebut, tersenyum lalu bertepuk tanga diikuti oleh semua peserta dan jajaran direksi serta rombongan yang ikut dalam “Ekspedisi Tembus Tol Trans Sumatra”. Rini mungkin sama terkejutnya dengan direksi lain, dan mungkin juga para wartawan dan staf Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak. Rupanya pagi itu, tepat hari Rabu 29 Agustus 2019 adalah hari ulang tahun yang ke – 58 Deputi BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Gatot Trihargo.

Hari itu memang Menteri BUMN dalam acara peresmian pembukaan dan pelepasan rombongan Ekspedisi Tembus Tol Trans Sumatra, Rabu (19/8) pagi di dermaga 6 Pelabuhan Merak. Ekspedisi ini digagas oleh Menteri BUMN sebagai langkah pengecekan progres pembangunan jalan Tol yang membentang dari Bakheuni hingga Palembang.

Rini Soemarno sendiri ikut tergabung dalam rombongan tersbut bersama beberapa dewan direksi BUMN yang lain. Tentu saja Gatot Trihargo sebagai salah satu jajaran Deputi BUMN ikut serta dalam perjalanan tersebut. Nantinya rombongan ini akan meninjau 3 ruas jalan tol yakni ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km, Terbanggi Besar-Kayu Agung 189 km, dan Palembang – Indralaya sepanjang 22 km.

Baca Juga : Rini Soemarno Targetkan Pembangunan Selesai Awal 2019

Gatot Trihargo dilantik menjadi Deputi BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, jasa Survei dan Kosultan tepatnya pada hari Rabu 8 Juni 2015 di Jakarta. Sebelumnya ia menjabat sebagai Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain. Gatot dilantik bersama 2 pejabat eselon 1 BUMN yang lain yakni Muhamad Zamkhani sebagai Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi dan Dwijanji Tjahjaningsih, jabatan baru sebagai Staf Ahli Bidang Tata Kelola, Sinergi dan Investi.

Dua pejabat eselon I yang dilantik bersama Gatot tersebut rupanya diganti. Muhamad Zamkhani dipindah tugaskan sebagai direktur PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) dan Dwijanji Tjahjaningsih terkait dengan adanya Perpres Nomor 41 Tahun 2017 tentang Staf Ahli maka bidangnya di BUMN dihapus dan dipindah tugaskan sebagai Direktur PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI).

Pada saat pengajuan sebagai Deputi, Gatot bersama pejabat lain yang diajukan sempat dipertanyakan atau ditolak oleh pihak Istana Negara. Pada saat itu Istana mempertanyakan, mengapa yang menjadi pejabat eselon I adalah yang muda-muda. Sontak Dahlan Iskan yang waktu itu menjabat sebagai Menteri BUMN menjawab tegas.

“Deputi ini diajukan (ke) TPA. Hanya ada satu pertanyaan. Mengapa yang muda-muda jadi deputi. Jawab saya, (kalau) di swasta ini sudah ketuaan,” ungkap Dahlan kala itu.

Usai mendapat jawaban dari Dahlan Iskan tersebut peserta pelantikan saat itu tertawa dan prosesi pelantikan berjalan mulus tanpa ada pertanyaan atau penolakan lebih lanjut. Disamping menjabat sebagai Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, jasa Survei dan Kosultan, di tahun 2015 Gatot juga ditunjuk sebagai Wakil Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) hingga saat ini. Di Ulang tahunnya yang ke-53 ini, bertepatan dengan dilaksanakannya Ekspedisi Tembus Tol Trans Sumatra, sepertinya tepat jika dikatakan Ekspedisi kali ini adalah juga hadiah bagi Diputi.

“Sekali lagi mari kita ucapkan selamat ulang kepada Bapak Gatot,” ucap MC seraya diikuti ucapan selamat dari direksi dan semua yang hadir dalam acara pagi itu.

 

*Baca juga artikel Imam B. Carito atau artikel dan berita lain tentang Kementerian BUMN atau tentang Pelabuhan Merak.

You might also like
Comments
Loading...