H-3 Merak Masih Lengang, Puncak Mudik Diperkirakan Tengah Malam

Satubanten (12/6) Merak – Menjelang puncak mudik yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 12 Juni, suasana terminal terpadu merak Corporate Secretary  ASDP Merak dalam jumpa pers Selasa (12/6).

Pada hari sebelumnya pihak kepolisian mencatat bahwa pemudik yang telah melintas dari pelabuhan Merak menuju Bakaheuni baik menggunakan motor maupun mobil sudah mencapai 30%. Sedangkan pada Selasa (12/6) melda mengatakan hingga H-6 pemudik pejalan kaki yang melintas di Merak sebanyak 17 ribu orang (52%), yang menggunakan motor 8,6 ribu orang (53%), mobil pribadi 13 ribu (65%), 557 bus (68%).

“Untuk saat ini masih tersebar merata distribusi pemudiknya, kemungkinann puncaknya akan terjadi malam ini soalnya kan H-3 pabrik baru pada libur juga kan hari ini. Jadi ya kemungkinan kita prediksi malam ini akan jadi puncak pemudik,” ucap Imelda.

Untuk menghadapi lonjakan penumpang sebetulnya ASDP telah mengoperasikan armada penyeberangan sebanyak 271 kapal. Untuk loket pelayanan juga telah diperbanyak yakni dari 2 loket menjadi 17 loket untuk pemotor, dan 10 loket untuk mobil serta 34 loket untuk pejalan kaki. ASDP bersama dinas terkait juga mendorong para pemudik untuk melakukan mudik di siang hari untuk menghindari penumpukan. Khusus untuk pemudik yang telah membeli tiket secara online juga disediakan loket khusus.

Himbauan tersebut bukan hanya sekedar himbauan semata, namun pihak ASDP sudah menyiapkan dooorprize khusus untuk bagi para pemudik yang menggunakan layanan tiket online dan mudik pada siang hari. Namun dua motor yang yang ditawarkan sebagai doorprise belum bisa menarik para pemudik. Terlihat pada siang hari di H-3 pemudik belum terlihat memadati loket penyeberangan.

“Kita sudah himbau ke masyarakat bahwa kita sediakan doorprize untuk yang mudik siang hari. Ada motor dan ada juga souvebir baju, topi untuk seribu pemudik pertama yang menggunakan tiket online dan menyeberang pada siang hari. Tapi ya mungkin karena tradisi yang sudah mengakar ya jadi belum berpengaruh. Ini yang perlu diangkat dan media juga ikut menyiarkan agar masyarakat mau mudik di siang hari,” tutur Imelda. (IBC/SBS32)

You might also like
Comments
Loading...