H-1 Lebaran Harga Daging Tembus Rp 130 Ribu Perkilogram

Serang, (14/06/2018) Satubanten.com – Menjelang hari raya Idul Fitri harga daging melonjak hingga Rp 130 ribu per kilogramnya. Sebelumnya harga daging sapi maupun kerbau masih di angka normal, yakni Rp 100 ribu per kilogram.

Namun menjelang lebaran, yang jatuh pada hari Jum’at 15 Juni 2018 besok, sejumlah pedagang menaikkan harga daging diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

“Hari ini kami jual perkilonya Rp 130 ribu, kalo kemarin masih Rp 110,” kata Udin, salah satu pedagang daging di Pasar Lama Kota Serang. Selain karena menjelang lebaran, tingginya harga daging dipicu dengan semakin banyaknya permintaan dan minimnya persediaan.

“Biasanya kalo lebaran daging banyak yang beli, mau harganya mahal juga tetap laku. Persediaan daging enggak bisa menuhin permintaan pembeli, jadi harganya mahal. Ditambah pasokan daging bukan dari langganan, tapi kita beli lagi dari orang,” ucapnya.

Karena mahalnya harga daging di pasar, banyak masyarakat yang beralih berbelanja di supermarket. Meski yang dijual daging beku dan bukan daging segar, tetapi mereka tetap membelinya.

Harga daging beku di supermarket berada di angka Rp 80 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga daging rendang pilihan berada di angka Rp 89 ribu per kilogramnya.

Tak hanya daging sapi dan kerbau, harga daging ayam negeri juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Semula harga per kilogram ayam adalah Rp 36.000,- kini sudah mencapai Rp 42.000,- per kilonya. (SBS/Q)

You might also like
Comments
Loading...