Guru-guru SD se-Kota Serang Ikuti Workshop Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence

Serang (14/09/2019) SatuBanten. News – 36 Guru-guru se-Kota Serang mengikuti workshop Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence yang digelar beberapa dosen UPI Kampus Serang seperti Dra. Sri Wuryastuti, M.Pd. Dra.Hj. Susilawati, M.Pd. Lizza Suzanti, S.Pd., M.Si. dan Dra.Tiurlina, M.Pd.

Acara ini diselenggarakan di Aula Lembaga UPI Kampus Serang Sabtu, (14/19) dan bekerjasama dengan Dosen UPI Bandung sebagai pemateri, tujuan diadakan workshop ini selain sebagai merealisasikan Tri Dharma perguruan tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu juga sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SD khususnya Kota Serang dalam melaksanakan kurikulum 2013. Kurikulum yang sudah direvisi edisi 2017 ini membahas tentang penerapan pembelajaran lebih ditekankan kepada pendidikan karakter.

Menurut keterangan Sri Wuryastuti salah satu dosen yang menyelenggarakan workshop selama ini semenjak kurikulum 2013 dicetuskan masih banyak guru yang belum menerapkan dan masih memakai gaya mengajar ceramah.

“Tahun ini pertama kalinya kami menyelenggarakan workshop tentang pembelajaran berbasis multiple Intelligence atau kecerdasan jamak yaitu pada dasarnya manusia memiliki 9 kecerdasan ya ada kecerdasan musikal, Intrapersonal, interpersonal (sosial), visual spasial, natural (alam), kinestetik tubuh, moral, kecerdasan verbal linguistik, dan logika matematika”. Ujarnya

“Setiap individu itu kan pasti memiliki ke 9 kecerdasan itu ya, nah biasanya yang paling menonjol itu hanya 3 kecerdasan. Sejauh ini berdasarkan penelitian kami masih ada guru yang tidak memperhatikan itu karena masih menggunakan paradigma lama yang mengatakan bahwa anak itu cerdas kalau hanya pandai dibidang matematika misalkan. Padahal kan setiap anak itu pasti memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Anak itu bisa dibilang tidak pandai dalam matematika tapi kan bisa saja anak itu ternyata pandai dibidang seni. Nah itu juga kan termasuk kedalam ke 9 kecerdasan.” jelasnya

Dalam hal ini guru seharusnya dapat membantu anak-anak untuk menggali lebih banyak lagi potensi yang dimiliki setiap anak, sehingga anak dapat mengembangkan kemampuannya.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini diutamakan guru-guru dari sekolah yang sebelumnya pernah dijadikan sebagai tempat penelitian oleh pihak dosen yang menyelenggarakan, dan sekolah yang dekat lokasinya dengan kampus UPI.

Terdapat 18 sekolah se-Kota Serang yang diberikan undangan untuk mendelegasikan 3 orang guru untuk mengikuti acara tersebut. Sebelumnya, pihak dosen sudah pernah melakukan penelitian selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2015, 2016, 2017. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...