Gunung Soputan Meletus, Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 4 Km

Manado (03/10/2018) Satubanten.com –  Gunung Soputan yang terletak di Minahasa pagi ini (03/10) pukul 08.47 WITA mengalami erupsi.  Pemerintah melalui BMKG  mengingatkan untuk menjahui area Gunung  Soputan  dengan radius aman 4 km.

“Gunung Soputan di Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara meletus pada 3/10/2018 pukul 08.47 WITA. Tinggi kolom abu vulkanik 4.000 meter mengarahnke barat-barat laut. PVMBG mencatat amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit. Belum ada perlu pengungsian.” bunyi laman twitter Humas BMKG Sutopo Purwo Nugroho

Sementara pemerintah melalui Kementrian ESDM menghimbau masyarakat untuk mengikuti tetap tenang dan mengikuti arahan dari BPBD setempat. Berikut bunyi himbauan dari kementrian ESDM lewat laman twiternya.  :

1) Masyarakat agar TDK beraktivitas di seluruh area di dlm radius 4 km dr puncak G. Soputan & di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dr puncak yg mrpkn daerah bukaan kawah utk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

2) Masyarakat di sekitar G. Soputan dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

3) Masyarakat agar mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi yaitu dimana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng G. Soputan, seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.   (SBS02)

You might also like
Comments
Loading...