Good Governance

Oleh : Ahmad Hilman, Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Serang (27/06/2019) SatuBanten. News – Good Governance adalah pelaksanaan politik, ekonomi, dan administrasi dalam mengelola masalah-masalah bangsa. Pelaksanaan kewenangan tersebut dapat dikatakan baik (good atau sound) jika dilakukan dengan efektif dan efisien, responsive terhadap kebutuhan rakyat, dalam suasana demokratis, akuntabel, serta transparan. Prinsip-prinsip tersebut tidak hanya terbatas dilakukan di kalangan birokrasi pemerintahan, tetapi juga di sektor swasta dan lembaga-lembaga non pemerintah.

Dikatakan oleh Sjahruddin Rasul, dalam bukunya yang berjudul “Penerapan Good governance Di Indonesia”, Dalam dasawarsa terakhir, sebagai Negara di hampir seluruh pelosok dunia, dan lembaga-lembaga internasional yang bergerak dalam pemberian bantuan dan asistensi pembangunan, giat melakukan dan mempromosikan perubahan paradigma pemerintahan dan pembangunan berdasarkan konsepsi kepemerintahan yang baik/good governance.

Konsep kepemerintahan yang baik mengemuka di penghujung abad ke-20 merupakan respon yang muncul dan berkembang di berbagai Negara untuk mengoreksi peranan pemerintah yang bersifat sentralisktik dan bahkan otoriter, korup dan kolusif, kearah pemerintahan dan penyelenggaraan pembangunan yang berorientasi pada misi pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi, serta demokratisasi politik.

Tujuan suatu Negara tidak lain untuk mewujudkan masyarakat dengan kehidupan yang baik (good life), dimana yang terdapat dalam fungsi Negara yaitu melaksanakan kepentingan rakyat dengan norma yang berlaku untuk mewujudkan cita-cita Negara. Masyarakat sebagai pelaksana dan tingkatan pemerintah Negara sebagai pengelola sumber daya pembangunan yang tidak diatur dengan baik. Akibatnya menimbulkan masalah-masalah lain yang menyebabkan masyarakat menjadi terhambat dalam proses pengembangan ekonomi Indonesia.

Sehingga dampak negatif seperti peningkatan pengangguran, jumlah penduduk miskin yang bertambah, tingkat kesehatan yang menurun, dan bahkan konflik-konflik yang terjadi di berbagai daerah. Penyelenggara pemerintah yang baik sangat di butuhkan yang dimana menjadi landasan pembangunan dan pembuatan kebijakan Negara yang demokratis dalam era globalisasi. Oleh karena itu tata pemerintahan yang baik perlu segera dilakukan agar segala permasalahan yang timbul dapat di minimalkan, di pecahkan dan juga di pulihkan, agar dapat berjalan dengan baik dan berjalan dengan lancar.

Disadari, dalam mewujudkan tata pemerintahan membutuhkan waktu yang tidak singkat dan upaya yang di dukung dari segala pihak dan di lakukan secara terus-menerus. Selain itu aparatur Negara, pihak swasta dan masyarakat harus bersatu dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Good Governance mengalami perjalanan yang cukup panjang dan penerapannya masih perlu perbaikan. Penerapan Good governance di Indonesia maupun di beberapa Negara masih perlu adanya evaluasi dan perbaikan demi terselenggaranya kehidupan bernegara yang lebih baik lagi. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...