Golden Black Molly, Ikan Hias Pembawa Untung Dimasa Pandemi

Oleh:

Delia Maharani

171011200702

Mahasiswi Akuntansi Perpajakan Universitas Pamulang

OPINI – Banyak sekali sektor ekonomi yang terdampak karena pengaruh pandemi Covid-19 ini. Beragam badan usaha seperti perkantoran, pabrik, serta usaha menengah yang mengurangi jumlah pekerjanya karena mengalami penurunan omset.

Oleh karena itu masyarakat dituntut untuk bisa bertahan dimasa kritis ini dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan budi daya ikan hias Golden Black Molly. Selain sebagai hobi budidaya ikan hias ini juga dapat mendatangkan keuntungan dimasa pandemi.

Ikan Golden Black Molly ini merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki daya tahan yang tinggi, perawatan yang mudah,serta keistimewaannya yang cepat untuk berkembang biak. Ikan hias ini banyak diminati oleh berbagai macam kalangan mulai dari orang dewasa hinga anak anak karena warnanya yang indah dan perawatannya yang mudah tentunya menarik minat para penikmat ikan hias untuk memasukkannya ke daftar ikan hias yang harus dimiliki di aquarium.

Ikan hias ini cukup menjanjikan karena harganya yang berkisar dari Rp.5000-Rp10.000 per ekor tentu saja membuat kita tertarik untuk memulai budidaya ikan hias black golden molly ini.

Bagaimana cara budidaya ikan hias golden black molly?
1. Siapkan Tempat
Tempat ikan yang perlu disiapkanpun tidak terlalu besar untuk kalian yang ingin memelihara Ikan Molly jenis ini, bisa ditempatkan aquarium, toples, ataupun dikolam kecil, jangan lupa untuk menambahkan beragai macam tanaman air sebagai tempat berlindung ikan dan juga sebagai penghias aquarium .Ukuran ikan ini pun tidak terlalu besar berkisar 4-6cm tergantung jantan atau betinanya.

2. Siapkan Filter Air
Selain untuk menjaga kondisi air tetap jernih dan bersih filter air juga berfungsi untuk memberikan oksigen kedalam air. Keindahan dan kecantikan dari ikan Molly pun akan makin terlihat dengan air yang jernih

3. Pakan
Ikan Molly jenis ini termasuk ikan jenis omnivora yang akan memakan apapun jenis pakan yang diberikan sehingga kalian tidak perlu pusing untuk memilih pakannya. Segala jenis pellet,cacing kecil,dan lumut kolam pun menjad makanan favoritnya.

4. Memijahkan Indukan
Ikan Golden Black Molly yang memiliki kriteria sebagai Indukan yang siap dikawinkan biasanya adalah ikan yang kira-kira sudah berumur 4 bulan, memiliki warna cerah, aktif bergerak dan sehat. Ikan Golden Black Molly jantan mempunyai kepala yang lebih besar, badan lebih yang lebih ramping, warna lebih cerah, serta bagian sirip punggung lebih panjang daripada ikan Golden Black Molly betina.
Pindahkan indukan ke tempat terpisah dengan rasio jantan dan betina 1:3 atau 1:5 agar proses perkawinan lebih cepat. Proses pemijahan kurang lebih sekitar seminggu setelah jantan dan betina digabungkan, sedangkan waktu kehamilan pada ikan Golden Black Molly sekitar 3-4 minggu.

Dalam sekali melahirkan ikan ini mampu mengeluarkan larva ikan atau yang biasa disebut dengan “Burayak” sebanyak 20-30 ekor. Sebaiknya Burayak ini segera dipindahkan ke tangki lain untuk mencegah burayak ini dimakan oleh indukan lain karena sifat ikan ini yang omnivora.

Untuk pemberian makan burayak dapat dilakukan di hari ke 3-4 setelah mereka lahir karena masih memiliki cadangan makanan di perutnya. Memberikan makan burayak dapat berupa pellet halus,kutu air,ataupun kuning telur. Burayak akan tumbuh cepat dengan tempat yang bersih dan pakan yang teratur dalam 4 bulan untuk siap dikawinkan lagi.

Demikian pembahasan mengenai “Golden Black Molly”, ikan hias pembawa untung dimasa pandemi . semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan saya ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan ini. (**)

You might also like
Comments
Loading...