GMKI Soroti Permasalahan Sampah dan Kemiskinan di Kota Serang

Serang (25/02/2020) SatuBanten.com – Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Serang soroti permasalahan sampah dan Kemiskinan yang ada di kota Serang. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Martin Ronaldo Pakpahan. Selasa, (25/02).

Menurut Martin, sudah dari 10 tahun lalu Sampah dan kemiskinan belum juga terselesaikan. Problematika sampah yang hingga saat ini belum ada solusi kongkrit dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

“Artinya memang memiskinkan bisa saja menjadi sebuah momok yang menakutkan, tapi memang disini yang kita tekankan untuk bagaimana cara mengatasi dan memberikan sedikit solusi dari kedua masalah tersebut,” ujarnya seusai audiensi dengan Walikota Serang.

Pihaknya juga menerangkan bahwa Serang merupakan ibukota provinsi, akan tetapi dibandingkan dengan kota-kota yang lainnya seperti Cilegon atau Tangerang Selatan, Serang jauh lebih tertinggal daripada Tangerang Selatan terkait kemiskinan dengan tingkat kemiskinan mencapai angka 5,36%.

“Kita berharap semoga tahun ini bisa sampai pada 3/2%. Tentu ini menjadi PR besar bagi Pemkot Serang untuk bisa menyelesaikan problematika yang ada. Masalah kemiskinan ini dapat bermuara karena memang angka pengangguran yang cukup tinggi ditambah lagi tidak adanya pelatihan secara menyeluruh ataupun pembinaan dari Pemkot Serang terhadap masyarakat kecil ataupun menengah yang membutuhkan pekerjaan tersebut,” ungkapnya.

Adapun sumbangsih saran dari GMKI yaitu Pemkot Serang untuk bisa membuka usaha-usaha baru, sehingga bisa mempekerjakan masyarakat kota Serang yang masih belum mendapatkan pekerjaan atau membuka lahan pekerjaan baru.

“Selanjutnya, kita tetap kawal, akan ditindaklanjuti atau tidak. Jika sekiranya kedepannya belum juga dijalankan, nanti kita akan coba lakukan bisa demostrasi atau audiensi kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengakui bahwa terkait dengan pengolahan atau keberadaan sampah dan kemiskinan yang ada di kota Serang, masih belum maksimal terselesaikan. Berdasarkan dari kunjungan Badan Pusat Statistik (BPS) kota Serang ini diantara 4 kota yang ada di Banten, kota Serang berada diurutan teratas soal kemiskinan.

“Dan untuk masalah sampah ini sedang penanganan yang serius, terutama didaur ulang tingkat kelurahan ini juga sudah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kemudian titik-titik sampah yang liar juga sudah dilaksanakan yang mudah-mudahan kedepan dengan adanya program dari DLH ini kota Serang InsyaAllah kedepan bebas dari sampah,” tuturnya. (RR/SBS31)

Comments
Loading...