Gempa Bumi Tektonik Kembali Guncang Banten Selatan

Pandeglang (10/02/2020), Satubanten.com – Gempa Bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Selatan Banten, Senin (10/02). Gempa tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 12.22 WIB.

Menurut laporan Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang, Gempa dengan kekuatan Magnitudo 4.8 tersebut berpusat di koordinat 6.81 LS – 105.32 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 103 km Barat Daya Pandeglang dengan kedalaman 5 Kilometer.

Sementara itu Ucu Marpudin, Babinsa di Wilayah Kampung Cikadu Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang mengatakan bahwa Gempa sempat terjadi 2 kali dengan jeda beberapa detik.

“Kalau disini tadi gempa terasa sekitar setengah menitan. Jadi gempanya itu dua kali, pertama gempa lalu ada jeda beberapa detik, lalu baru ada lagi. Tapi ya nggak lama,” tuturnya.

BMKG juga melaporkan bahwa hingga saat ini belum ada laporan adanya gempa susulan (aftershock). Selain di daerah Panimbang, gempa dirasakan gempa juga dirasakan di wilayah lain seperti Malingping (II MMI), Cijaku (II MMI), Banjarsari (II MMI), Binuangeun (III MMI), Panggarangan (III MMI), Cihara (III MMI), Anyer (II – III MMI) dan Pandeglang (II MMI).

Meski warga sempat khawatir dengan adanya potensi Tsunami, namun pihak BMKG melalui rilis mengatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Ucu mengatakan bahwa masyarakat relatif sudah lebih waspada walaupun masih menyimpan rasa trauma.

“Ya kita kan namanya juga masih trauma dengan adanya tsunami itu, jadi masyarakat khawatirnya itu. Tapi dari tim tanggap bencana juga sudah melakukan edukasi ke masyarakat, jadi masyarakat sudah lebih waspada dan tanggap,” pungkasnya.

Belum ada laporan mengenali kerusakan akibat gempa tersebut. Namun BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...