Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Pandeglang

Pandeglang, (30/10/2018) Satubanten.com – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) telah terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, tepatnya di daerah Pandeglang, pada pukul 04:11:17 WIB, (30/10).

Menurut hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi dengan parameter sementara, berkekuatan 5,2 SR tersebut tidak berpotensi tsunami.

Lokasi gempat terletak pada koordinat 6,92 LS dan 105 BT, dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di laut 140 kilometer Barat Daya Pandeglang.

Hasil pemutakhiran analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5.0. Dengan episenter gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Samudera Hindia ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust Fault).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah, III Malingping, III Binuangeun, III Panimbang, III Wanasalam, III Kerta, III Cimandiri Laut, II Ciputat.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

hingga pukul 04.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (Aftershock).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, S.T, Dipl. Seis, M.Sc mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...