Gelar Webinar, SAF Angkat Tema Pelayanan Publik Di Masa New Normal

Serang (04/09/2020) SatuBanten.com – Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) mengadakan dialog publik secara virtual dengan mengangkat tema “Pelayanan Publik di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Menghadirkan beberapa narasumber seperti Dedy Irsan, SH (Kepala Ombudsman RI Perwakilan Prov. Banten). Hilman, M.Si (Ketua Komisi Informasi Prov. Banten). Moh. Rizky Godjali, M.IP (Akademisi FISIP Untirta). dan Usep S. Ahyar, M.Si (Direktur POPULI Center).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Organisasi Mahasiswa, pemuda, masyarakat umum, beberapa instansi pelayanan publik seperti BPS Banten, DIskominfo Pandeglang.

Andri Wiguna selaku ketua pelaksana mengatakan, dengan adanya kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) tentu merubah segala aspek kebiasaan yang ada dimasyarakat, tidak terkecuali di sektor pelayanan publik.

“Pelayanan publik yang biasanya dilakukan tatap muka namun di era AKB ini tentunya tidak dapat dilakukan dengan seleluasa seperti sebelumnya, penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk berinovasi agar proses pelayanan yang diberikan dapat tetap dilaksanakan dengan prima walaupun dengan pembatasan-pembatasan yang ada,” ujarnya.

Hal itulah yang melatarbelakangi SAF dalam mengambil tema ini untuk di diskusikan. Agar hasil dari diskusi ini dapat menjadi salah satu masukan kepada pemerintah untuk dapat melakukan pelayanan yang sesuai dengan asas-asas pelayanan publik yang ada.

“Serta memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk ikut andil bagian mengawasi pelayanan publik dari tindakan-tindakan maladministrasi guna terciptanya pelayanan publik yang berkualitas,” ucapnya.

Moh. Rizky Godjali salah satu narasumber pada acara diskusi ini menerangkan bahwa terdapat asas-asas pelayanan yang dapat diadaptasi di Era AKB ini.

“Instansi penyelenggara dapat membuat aturan (Prosedur) penyesuaian dengan memperhatikan legal formal, cepat akurat, sederhana, transparan akuntabel, partisipatif, berkeadilan,” tuturnya.

Sementara menurut Usep S. Ahyar, Pandemi ini merupakan kesempatan yang bagus bagi negara untuk berinovasi dalam pelayanan publik. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...