Ekor Pesawat AirAsia Berhasil Diangkat Di Dasar Laut

SatuBanten – Tim SAR Gabungan berhasil mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ 8501 setelah terus berjibaku di tengah laut. Ekor berhasil diangkat sekira pukul 11.50 WIB. Namun demikian,  tim penyelam belum menemukan black box saat ekor pesawat masih berada di dasar laut. Black box belum bisa ditemukan karena jarak pandang penyelam yang pendek dan gelombang laut yang kencang.

Dari deteksi sonar Kapal Navigasi Jadayat, ada dugaan black box sudah terpisah dari bagian ekor pesawat dan terbawa arus sejauh 1,7 mil laut.

“Pukul 10.22 WIB, diver mulai menyelam,” ujar Manahan dalam pesan singkatnya, Sabtu (10/1/15).

Berikut ini kronologi pengangkatan bagian ekor AirAsia QZ 8501. Pada pukul 11.50 WIB, lifting bag muncul ke permukaan dan saat itulah berlangsung proses diangkatnya ekor pesawat ke permukaan, sambil dibantu penarikan menggunakan tali tros kapal. 

Sementara itu, Direktur Operasional Basarnas Marsma SB Supriyadi mengatakan, ekor pesawat saat ini masih mengapung dan belum diangkat ke atas kapal.

“Penyelam suruh cari black box-nya. Tunggu dari KNKT, kalau memang tidak ada black box-nya apakah sudah mau diangkut atau tidak,” ujarnya. (Zay/BSB)

You might also like
Comments
Loading...