Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA Wafat, Berikut Jejak Pendidikan Dan Kiprahnya Diluar Gontor

Serang, (22/10/2020)Satubanten.com- Umat Islam kembali kehilangan salah satu ulama yang cukup besar beliau adalah  Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor .

Salh satu ulama yang cukup disegani dan salah satau yang banyak mencetak ulama-ulama besar di Indonesia, beliau meninggal pada Rabu 21 Oktober 2020, pukul 15.50 di rumahnya di Gontor.

Salah satu Adik almarhum yang saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Amal Fathullah Zakasyi, M.A meminta agak mendoakan Almarhum supaya dosanya dapat diampuni.

“Mohon doanya semoga dosanya diampuni, dan amal ibadahnya diterima Allah SWT, dan semoga husnul khatimah,” kata Amal.

Perlu diketahui bahwa Almarhum, KH Abdullah Syukri Zarkasyi lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942. KH Abdullah Syukri adalah putra pertama dari KH. Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Sejarah Pendidikan Kiai Syukri menamatkan Sekolah Dasar di desa Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, pada tahun 1954. Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor pada tahun 1960, ia melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Muda tahun 1965.

Adapun gelar Lc. didapat dari Al Azhar University Kairo, Mesir pada tahun 1976. Kemudian melanjutkan studi di lembaga yang sama hingga meraih gelar MA. pada tahun 1978. Sedang gelar Doctor Honoris Causa pada 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tidak hanya dalam bidang agama Kiai Syukri juga aktif dalam berorganisasi. Tercatat, bahwa almarhum pernah menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ciputat, pengurus Himpunan Pemuda Pelajar Islam (HPPI) Kairo, pengurus Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Den Haag, Belanda, serta Ketua MUI Ponorogo. Ketua Badan Silaturahim Pondok Pesantren (BSPP) Jawa Timur, ketua MUI Pusat, dan anggota ahli Majlis Tanfidh Rabitah al-Jami’ah al-Islamiyyah al-Alamiyyah, Kairo, Mesir.

Tidak hanya dalam negri beliau juga aktif dalam menjalin kerjasama  antar lembaga diluar negri seperti. Universitas Al Azhar Kairo, International Islamic University Malaysia, serta Al Ahqaf University Yaman

Tidak hanya itu Kiai Syukri juga pernah menjabat ketua umum Majelis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (MP3A) Kementerian Agama.

Comments
Loading...