DKCS Cilegon Diserbu Masyarakat Paska Libur Lebaran

Cilegon (17/06/2019), Satubanten.com – Meski masih pagi dan Apel Pemkot Cilegon barusaja selesai, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon sudah ramai. Beberapa warga yang antre sejak pai tersebut bertujuan mengurus data kependudukan baik perpindahan maupun pembuatan identitas baru. Pengunjung terdiri dari berbagai usia, dari yang sudah berkeluarga hingga anak remaja.

Laila salah seorang siswa yang ikut antre mengaku hendak mengurus legalisir untuk persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PADS). Meski datang sendiri, Laila mengaku perlu untuk segera mengurus kartu identitasnya. Nantinya KTP ini akan digunakan untuk berbagai hal dari mulai pendaftaran kuliah hingga pencarian kerja saat ia lulus.

“Ini mumpung sudah buka, jadi kesini. Tadinya mau ngurus sebelum puasa kemarin tapi belum sempat, makanya sekarang mumpung bisa, disempatkan kesini. Soalnya kalau KTP kan nanti perlu buat daftar kerja, kan aku sebentar lagi lulus jadi biar ngga dadakan gitu,” tuturnya.

Sementara itu, Salim yang notabene pendatang juga ikut antre untuk mengurus surat pindah adiknya yang beberapa waktu lalu ikut bersamanya. Ia srngaja mengurus data perpindahan tersebut karena menghindari permasalahan administrasi.

“Ini lagi mau ngurus punya adik, pas kemarin abis libur kesini kan adik ikut jadi sekarang sekaligus diurus data pindahnya. Soalnya kalau nggak buru-buru diurus nanti suka repot mas kalau butuh apa-apa. Musti bolak-balik ke rumah kan makan biaya juga. Jadi ya sekalian sekarang saya urusin, biar kedepannya enak,” tutur Salim.

Sementara itu, dari pihak DCKS nantinya akan menggelar operasi yustisi untuk mendata dan menertibkan warga pendatang. Hal ini penting dilakukan karena menyangkut ketersediaan pekerjaan, keamanan serta ketertiban. Kabid Pemanfaatan data Inovasi Pelayanan DKCS Cilegon Duski Kasim mengatakan bahwa masyarakat pendatang ini mayoritas belum terdata dalam catatan sipil kota Cilegon.

“Warga pendatang ini kebanyakan belum memiliki KTP sini dan belumterdata juga, jadi nantinya yang seperti ini yang akan menjadi sasaran dalam operasi yustisi yang akan kita gelar bersama dengan isntansi terkait,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...