DJKN Kanwil Banten Rayakan Hari Oeang Ke-72 Dengan Jalan Sehat dan Galang Donasi

 

Minggu, 28 Oktober 2018

Dalam memperingati Hari Oeang yang ke 72, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kantor Wilayah (Kanwil) Banten mengadakan jalan sehat. Cuaca yang baik, diharapkan menjadi sinyal bagi kinerja pengelolaan keuangan yang semakin baik.

Tangerang, Satubanten News – Hari Oeang yang jatuh pada tanggal 30 Oktober, tahun  ini memasuki peringatan yang ke 72. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kantor Wilayah (Kanwil) Banten ikut merayakan hari Oeang tersebut pada hari Minggu (28/10) di Kantor Walikota Tangerang. Kegiatan peringatan Hari Oeang tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, dari jalan dan senam sehat, bagi – bagi doorprize hingga penggalangan donasi bagi korban bencana  Palu dan Donggala.

Dalam kegiatan tersebut, satuan kerja baik Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Banten, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Banten dan KPU Bea Cukai Soekarno Hatta (Soetta) ikut meramaikan perayaan Hari Oeang ini. Selain itu Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah juga turut hadir dan meramaikan acara tersebut. Dalam sambutannya, H. Arief R. Wismansyah mengatakan bahwa peringatan Hari Oeang yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda sepatutnya membawa semangat yang berbeda.

“Peringatan Hari Oeang ini luar biasa, karena bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Maka semangatnya Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Uang Indonesia. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan kerja sama dan sinergisitas rekan – rekan kementerian keuangan dan telah berpartisipasi, berperan aktif terhadap pengelolaan keuangan. Termasuk juga bimbingan pada kami, pemerintahan yang ada di Provinsi Banten,” tutur Arief.

Selain itu, Arief juga mengatakan bahwa keberadaan uang memang menjadi hal yang sangat penting, karena menjadi kunci dan urat nadi pembangunan dan pemerintahan. Oleh karena itu uang ini harus dikelola oleh orang – orang yang amanah dan berintegritas dalam mengelola keuangan Negara.

“Tentu uang ini menjadi urat nadi pembangunan dan pemerintahan. Jadi Bapak Ibu adalah orang – orang yang sangat penting khususnya dalam pembangunan di Provinsi Banten. Oleh karena itu uang ini harus dikelola oleh orang – orang yang amanah, yang berintegritas, dan saya yakin teman –teman kementerian keuangan adalah orang – orang terbaik republik bangsa ini yang mengelola keuangan Negara, sehingga pembangunan bisa kita rasakan,” imbuhnya.

Sinergi antara pemerintah Kota dan kementerian keuangan memang menjadi sektor yang sanngat penting dalam upaya pembangunan daerah. Karena dengan demikian, roda ekonomi dan pemerataan kesejahteraan dapat dirasakan oleh segenap masyarakat. Oleh karena itu, Tedy Syandriadi selaku Kepala DJKN Kanwil Banten mengatakan bahwa kedepan sinergi dengan pemerintah, terutama pemerintah Kota Tangerang akan terus ditingkatkan.

“Nantinya kedepan kami ingin terus bersinergi dengan bapak, dan khususnya untuk DJKN dengan pak Walikota sudah sering bersinergi tentunya dalam kaitannya dengan penilaian dan pelaksanaan lelang. Mudah-mudahan kedepan dengan (Dirjen) perbendaharaan dan (Dirjen) Bea Cukai,” tutur Tedy.

Baca Juga : Rayakan Ulang Tahun Ke-12, DJKN Banten Gelar Diskusi dan Penganugerahan Penghargaan Pengelolaan BMN

Kegiatan Peringatan Hari Oeang ke 72  kali ini dimulai dengan acara jalan sehat sepanjang 2,5 KM dari Jalan Satria Sudirman, menuju Jalan Jenderal Sudirman, kemudian masuk ke Jalan Daan Mogot hingga Makam Pahlawan dan kembali ke Jalan Satria Sudirman. Setelah jalan sehat, acara dilanjutkan dengan senam kebugaran jasmani.

Usai melaksanakan senam, hiburan berupa musik dan tarian juga disediakan untuk para peserta Peringatan Hari Oeang ke – 72 ini. Pembagian Door Prize dan piala juga turut memberi warna dan memeriahkan acara tersebut. Sebelumnya rangkaian perlombaan memang sudah dilakukan menjelang peringatan Hari Oeang tersebut.

Perlombaan tersebut dibagi menjadi cabang olahraga yakni Bulu Tangkis dan bola Volley. Dalam cabang Bulu Tangkis, Dirjen Pajak menjadi juara utamanya, sedangkan juara kedua diraih oleh KPU Bea Cukai Soetta dan juara ketiga diraih oleh Dirjen Perbendaharaan. Dalam Cabang Oalhraga Bola Volley, KPU Bea Cukai kembali meraih juara pertama. Sedangkan di peringkat kedua ada Dirjen Kekayaan Negara dan peringkat ketiga diraih oleh Kanwil Bea Cukai.

Dalam penyelenggaraan rangkaian acara peringatan hari Oeang ke 72, dari mulai jalan sehat, senam sehat hingga penganugerahan piala cabang olahraga tersebut, Tedy berharap menjadi suatu sinyal baik bahwa kedepan kondisi keuangan dan kinerja pengelolaan keuangan yang semakin baik sebagaimana kondisi cuaca dalam peringatan hari Oeang tersebut.

“Mudah – mudahan ini bisa berjalan dengan keadaan cuaca yang baik, kedepan kita akan lebih baik lagi dalam menyongsong tantangan yang diembankan oleh pimpinan-pimpinan kita,” pungkasnya.

Selain melaksanakan rangkaian acara berbalut Susana family gathering tersebut, DJKN juga turut menggalang donasi tunai bagi masyarakat korban gempa Palu dan Donggala di sela-sela acara. Penggalangan donasi ini merupakan penggalangan donasi tahap pertama yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan penggalangan donasi melalui kegiatan lelang yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 November di Kantor DJKN Banten.

Ditulis oleh : Imam B. Carito

Diedit oleh : SBS032

*Baca tulisan lain Imam B. Carito atau artikel lain tentang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

You might also like
Comments
Loading...