Ditarget Rampung 2021, Walikota Serang Tinjau Pembangunan KPW Banten Lama

Serang (24/07/2019), Satubanten.com – Walikota Serang Syafrudin meninjau langsung progres pembangunan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten Lama, Rabu (24/07). Dalam kunjungan tersebut Syafrudin didampingin Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Ridwan, Kadis Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Perdaginkop) UKM Kota Serang Akhmad Benbela, dan Kadis Perhubungan Akhmad Mujimi,S.Pd,M.Si.

Dalam kunjungan tersebut Syafrudin meninjau 3 permbangunan yang akan diintregasi sebagai penunjang Kawasan Wisata Budaya Banten Lama yakni Fasilitas Jalan Raya, Sentra Perdagangan serta pembangunan Terminal Khusus Banten Lama. Masing-masing Kepala Dinas yang ikut dalam peninjauan tersebut adalah OPD terkait pembangunan saran tersebut.

“Nantinya dari jalan bagus, kios kuliner, hingga penerangan dan lahan parkir. Semuanya akan terjamin,” kata Syafrudin sembari meninjau lokasi pembangunan.

Pembanguna saran penunjang ini menelan dana total Rp 54 Miliar. Dana tersebut berasal dari APBD Kota Serang sebesar Rp 34 Miliar dan Rp 20 Miliar bersumber dari Bantuan Provinsi Banten.

Dari dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan Jalan Utama KPW Kesultanan Banten dan Jalan Priyai-Kasemen. Jalan sepanjang 2 KM ini dianggarkan menhabisakan dana sebesar Rp 8 Miliar.  Selanjutnya untuk pembangunan lahan parkir yang menelan dana sebesar Rp 1,3 Miliar.

“Selain itu untuk pembangunan gerbang pembangun gerbang utama, ada penerangan jalan dan lain-lain, itu Rp 1,3 M. Lalu untuk pematangan lahan Rp 10 M dan sisanya masuk dana tak terduga, pembangunan Masjid, Toilet dan lain-lain,” kata Kadis PUPR  M. Ridwan.

Proyek pembangunan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten Lama ini sebetulnya sudah didengungkan sejak lama, namun realisasinya banyak terhambat. Namun melalui rapat lanjutan baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota serang bersepakat untuk melanjutkan. Proyek ini ditargetkan akan selesai dalam waktu 3 tahun. Artinya di tahun 2021 KPW Banten Lama ini akan sudah bisa berfungsi maksimal. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...