Distribusi BPNT, Warga Pasirkacapi Padati Kantor Desa

Rangkasbitung (21/06/2019), Satubanten.com – Warga Pasirkacapi, Kecamatan Maja, Kabupaten Rangkasbitung datang beramai-ramai ke Kantos Desa, Jum’at (21/06). Hal ini terjadi lantaran di hari tersebut akan diadakan distribusi Bantuan Pagan Non Tunai (BPNT) dari kantor Desa.

Menurut Badrudin selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Pasirkacapi, masyarakat yang hadir diharusnkan membawa foto kopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk didata terlebih dahulu. Nantinya dana tidak dicairkan secara langsung akan tetapi melalui rekening.

“Jadi hari ini kita ada distribusi BPNT, nah untuk dapat mencairkan dana masyarakat harus membawa KTP dan KK. Nantinya kan kita sesuaikan datanya antara yang tersedia dan yang ditunjukkan warga, apakah sesuai atau tidak,” tuturnya.

BPNT adalah mekanisme bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), namun outputnya bukan dana berupa uang, namun berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kartu ini nantinya dapat digunakan untuk membeli bahan makanan di e-warong terdekat, di pasar atau di oko kelontong lainnya. Metode seperti ini menurut pemerintah dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi.

Dalam distribusi tersebut ternyata tidak semua warga langsung mendapat KKS BPNT. Warga yang bisa mendapat langsung kartu KKS hanyalah orang yang baru pertama kali mengajukan. Sedangkan warga yang sudah menerima dana PKH pencairannya ditunda higga hari Senin.

“Punya saya KK nya sama KTP ditahan dulu soalnya kalau yang sudah dapat PKH katanya nanti Senin dapatnya. Yang sekarang dapat cuma yang baru daftar saja, yang belum pernah dapat PKH,” kata Maimunah, Salah seorang warga Pasirkacapi.

Desi salah satu warga RT.03 mengatakan bahwa dirinya berharap bantuan semacam ini bisa terus berlanjut. Hal ini karena menurut Desi bantuan semacam ini sangat membantu bagi pemenuhan keutuhan keluarga.

“Kalau saya mah seneng ada bantuan kayak gini dari pemerintah. Sekarang apa-apa mahal, jadi ya syukur aja pemerintah masih peduli sama rakyat gitu,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...