Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

Lebak (19/06/2019) Satubanten.com,- Untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak menyelenggarakan lomba cipta menu B2SA antar Tim penggerak PKK tingkat Kecamatan di Plasa Sawarna Kecamatan Bayah, Rabu (19/6/2019)

Selain itu, lomba cipta menu ini diharapkan meningkatkan kreativitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial sebaga pendukung ketersediaan kuliner pangan lokal di lokasi wisata yang ada di Kabupaten Lebak.

B2SA merupakan makanan yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah seimbang antara kelompok berdasarkan citra rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya sebelum membuka secara resmi lomba cipta menu dengan dewan juri Chief Ranu, Unsur Dinas Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan.

Iti Octavia juga mengatakan perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus oleh setiap instansi agar memotivasi kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

“Setiap instansi terkait perlu mengadakan gerakan secara berkesinambungan kepada masyarakat untuk memotivasi agar dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi berbasis sumber daya lokal.” Kata Bupati Lebak.

Dalam kesempatan itu Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rahmat Yuniar menambahkan, pemenang dari lomba cipta menu ini akan mewakili kabupaten Lebak pada lomba cipta menu tingkat Provinsi Banten bertepatan dengan kegiatan Hari Pangan Sedunia.

“Mudah-mudahan pemenang lomba cipta menu B2SA bisa ikut serta dalam lomba cipta menu pada tingkat Provinsi dikegiatan Hari Pangan Sedunia nanti.” Ungkapnya

Lomba cipta menu tahun ini menitikberatkan pada pengembangan pangan lokal olahan dengan pangan pokok non beras dan non terigu serta menggali kreativitas dan inovasi pangan lokal bernilai.(SBS/09)

You might also like
Comments
Loading...