Diikuti 13.000 Pelamar, Cilegon Job Fair 2019 Tuai Kritikan

Cilegon (26/06/2019), Satubanten.com – Hari pertama pelaksaan Cilegon Job Fair 2019, Rabu (26/06) dihadiri oleh ribuan pendaftar. Antrian panjang mengular hingga keluar halaman Hotel Grand Mangku Putra (GMP). Kemacetan beberapa saat terjadi di area Exit Tol Serang Timur, jalan depan GMP hingga perempatan PCI.

Sementara itu, peserta nampak berdesakan dalam antrean yang juga mengular di pintu masuk aula GMP. Beberapa pencari kerja (pencaker) sempat protes karena lamanya antrian disebabkan karena peserta yang sudah masuk terlalu lama di dalam. Hal ini sangat berbeda dengan gelaran Job Fair sebelumnya, yang terlihat lebih rapih.

“Kalau saya dulu pernah juga ikut yang di Sari Kuring, itu nggak kayak gini antriannya. Mereka disuruh antri gitu cowok sama ceweknya terpisah. Dan mereka mau kok dipisah gitu, cepet beres, jam 12 udah nggak sebanyak ini dan lebih rapih. Nggak kayak gini, kayaknya berantakan dan ricuh banget,” kata Bima.

BACA JUGA : Sebelum Datang Ke Cilegon Job Fair 2019, Berikut Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

Bima sebetulnya datang kesitu tidak hendak ikut mendaftar. Ia mengantar kakaknya yang hendak ikut berjuang dalam Cilegon Job Fair 2019 kali ini. Selain antrian yang tidak teratur, Bima juga menyebut bahwa sosialisasi penitia untuk waktu antrian kurang.

“Ini udah mau jam 12 baru diberi tahu kalau katanya sesi pertama cuma sampai jam 12. Tapi kan itu antriannya masih banyak gitu, panjang, mana nyampe. Harusnya dari panitia ada sosialisasi, jadi kan bisa diantisipasi, nggak sampai panjang gini. Kalau misal sudah jam 12 terus ditutup, apa nggak kasian yang udah antri lama, eh malah nggak bisa masuk, ya kan?” imbuhnya.

Bima tidak sendiri, ada juga Erwin yang mengeluhkan proses registrasi yang selalu bermasalah. Ia sudah mendaftar berkali-kali namun tetap tidak bisa masuk. Meski demikian ia tetap hadir dalam Cilegon Job Fair 2019 tersebut.

“Saya sudah coba daftar, berkali-kali, tapi kan di situsnya tulisannya penuh aja. Padahal kalau dilihat itu, dari rekap pendaftar tetap bertambah. Itu darimana daftarnya coba. Saya heran aja gitu, harusnya kalau pendaftaran begini nggak usah dibatasi gitu,” kata Erwin.

BACA JUGA : Sempat Ditunda Beberapa Hari, Pendaftar Cilegon Job Fair Keluhkan Kuota Penuh

Erwin memang tidak ikut mengantri bersama dalam barisan peserta Cilegon Job Fair 2019 tersebut. Ia hanya melihat dari pagar pembatas lapis kedua di antrian tersebut. Wajahnya nampak kecewa, sambil melihat ke arah antrian. Sementara itu, Suherman salah satu panitia saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sistem pendaftaran tidak penuh, hanya diberlakukan sistem buka tutup.

“Kalau itu (penuh,red) bukan karena kuotanya, tapi kita memang terapkan sistem buka tutup. Jadi untuk di hari terakhir itu kita prioritaskan untuk yang pendafatr dari Cilegon. Itu sudah kita batasi saja sampe 13 ribuan yang daftar, coba kalau enggak, bisa kali sampai 20 ribuan yang masuk,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...