Diduga Mengalami Kebocoran Gas, PT. Krakatau Steel Tegasnya Kondisi Aman

Cilegon (19/06/2019), Satubanten.com – Warga Kota Cilegon dihebohkan dengan munculnya kepulan asap dari area PT. Krakatau Steel, Rabu (19/06). Kepulan asap tersebut awalnya diduga merupakan kebocoran gas. Namun pihak PT Krakatau Steel mengkorfirmasi bahwa kejadian itu bukan sesuatu yang membahayakan.

“Itu normal, namanya mekanisme Flaring atau pembuangan. Jadi ada trouble di ujungnya sehingga harus dibuang begitu. Kalau tidak dibuang bisa meledak,” tutur Senior Manager External Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Vicky Muhammad Rosyad Fadillah.

Vicky menjelaskn bahwa Flaring  pembuangan ini karean adanya trouble sehingga bagian crude coke oven gas (COG) harus dilepas ke udara. Jika tidak demikian COG ini akan meledak kareena penumpukan material yang tidak bisa diproses lebih lanjut. Sedangkan mesing terus berjalan sehingga satu-satunya metode pengamanan adalah dengan Flaring tersebut.

Sebelumnya beredar foto adanya Flaring disertai dengan himbauan kepada masyarakat. Dalam foto tersebut juga disertai adanya anjuran untuk waspada kepada PT Krakatau Posco karena adanya arah angin kesana. Namun detektor udara belum menunjukkan adanya kontaminasi udara berbahaya. Sehingga dapat dipastikan bahwa kondisi tetap aman.

“Di bagian blast furnace mengalami masalah, jadi mampet yang ke arah blast furnace ini. Makanya gasnya perlu dibuang, kalau nggak gitu bisa meledak. Karena terlihat dari jalan jadi bikin heboh masyarakat,” ujarnya.

Crude Coke Oven Gas (COG) adalah hasil produk dari Coke Oven Plant (COP). Bagian ini berfungsi untuk mengurangi kadar volatile material di bagian tungku (coking coal) melalui proses pemanasan dalam oven. Hasilnya yakni  Coke (kokas) dalam bentuk Crude Coke Oven Gas (COG) dan digunakan untuk bahan baku di Blast Furnace (BF). COG ini lalu diproses lebih lanjut di bagian Chemical Recovery Plant menjadi clean COG sehingga bisa digunakan untuk proses pembakaran atau pemanasan di area lain. (IBC/SBS032

 

You might also like
Comments
Loading...