Dibebaskan Dari Tahanan, Joshua Wong Janji Bergabung Pada Demo Hongkong

Hong Kong (17/06/2019), Satubanten.com – Setelah ditahan selama hampir lima minggu aktivis pergerakan pro- Demokrasi Joshua Wong akhirnya dibebaskan. Joshua ditahan karena terlibat aktif dalam Umbrella Movement tahun 2014 dan dituduh menghina pengadilan. Joshua Wong dibebaskan hari Senin (17/6/2019) dari Penjara Lai Chi Kok Correctional Facility setelah adanya demo 2 juta orang kembali pecah di Hong Kong pada hari Minggu (16/06).

Massa menuntut rancangan udang-undang (RUU) ekstradisi ditarik dan Carrie Lam mengundurkan diri. Meski Carrie Lam telah mengumumkan permintaan maafnya, namun masa tidak menerima permintaan maaf Lam tersebut. Masa yang sudah seminggu berdemontrasi tersebut tetap bertahan dan menuntut Lam untuk mundur.

Joshua yang dibebaskan lebih awal dari waktu penahanan berjanji akan bergabung dengan gelombang demontrasi sesaat setelah dibebaskan. Ia mengatakan bahwa dunia harus tahu bahwa rakyat Hong Kong tidak akan diam terhadap penindasan yang dilakukan oleh pemerintahan Lam.

“Jutaan rakyat Hong Kong telah melakukan demintrasi selama seminggu. Ini menujukkan semangat dari Rakyat Hong Kong. Kami menuntut agar Carrie Lam mencabut Undang – Undang Ektradisi, dan kami juga ingin menunjukkan kepada duni bahwa Rakyat Hong Kong tidak akan diam dibawah penindasan Carri Lam.

Sebelumnya Carrie Lam berjanji akan melakukan pembahasan ulang pada RUU Ektradisi tersebut. Namun pada hari Minggu lalu Carri Lam mengatakan bahwa pembahasan UU tersebut harus ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan. Anggota parlemen veteran Partai Demokratik James To mengatakan bahwa ini akan berdampak buruk bagi pemerintahan Carrie Lam.

“Pemerintahannya tidak akan bisa menjadi pemerintah yang efektif, dan akan menghadapi banyak kesulitan untuk terus memerintah,” tuturnya.

Namun demikian harian resmi milik pemerintah China Daily mengatakan bahwa para pemimpin di Beijing akan terus mendukung Carrie Lam dan mengancam  kekuatan asing akan ‘campur tangan’ dalam krisis ini terus berlanjut. (IBC/SBS032).

You might also like
Comments
Loading...