DBD Melanda Warga di Kec. Serang, Dinkes Turun Lakukan Fogging

Serang (30/09/2019) SatuBanten. News – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), sedang melanda sejumlah desa di kec. Serang. Hingga saat ini, setidaknya 14 hingga 15 warga dinyatakan positif terkena DBD.

Di Jl. Raya Sepang, Sepang Tengah Kec. Serang, saat ini sedang dilakukan Fogging guna menghindari terjadinya lagi warga yang tertular penyakit dari gigitan nyamuk ini. Warga yang terserang DBD sempat mengeluh dan dibawa ke Rumah Sakit atau puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan hingga dinyatakan positif DBD.

Setelah itu warga membuat laporan kepada RT setempat untuk melakukan fogging, “Awalnya ada 1 orang yang mengeluhkan kalau salah satu keluarganya ada yang terkena DBD, dan meminta untuk melakukan fogging agar tidak tertular dan tidak ada lagi warga yang terjangkit penyakit DBD.” ujar Yadi (nama disamarkan) Ketua Rt 6 Rw 6

Selain di Rt 6, Rt lainnya seperti Rt 1 dan Rt 3 juga terdapat warganya yang terkena DBD dan hari Senin (30/9) akan melakukan fogging.

warga rt 6 melakukan fogging, minggu (29/9)

 

“Ya, banyak warga Rt 3 yang terkena DBD kurang lebih ada 6 orang dari 3 rumah, setelah itu saya lapor ke puskesmas, setelah itu dari pihak puskesmas mengadakan survei dan menentukan tanggal berapa melakukan fogging” kata Salimah, Kader Posyandu Sepang, Minggu (29/9).

Katanya, hari ini petugas sedang melakukan fogging untuk membasmi nyamuk yang menyebarkan virus DBD.

“Saya awalnya ngerasa mual, pusing dan demam, udah mulai ngerasa sakit. Setelah itu saya cek ke rumah sakit dan dinyatakan positif kena DBD,” ucap Ferdi (27) salah satu warga yang terkena DBD.

Menyikapi itu, Diani Gemarizkia salah satu bidan dari puskesmas Ciracas menghimbau kepada warga untuk mengadakan kerja bakti dirumah masing-masing. “Jangan biarkan ada pas bunga yang ada airnya karena itu bisa menjadi sarang jentik-jentik nyamuk, ventilasi udara juga dibuka, pakaian yang digantung juga bisa menjadi sarang nyamuk.” jelas Diani

Fogging ini dilakukan untuk memberantas nyamuk penyebar virus Demam Berdarah Dengue (DBD). (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...