Danau Biru, Kemilau Wisata di Pojok Tangerang

Danau Biru Cigaru yang terletak di Desa Cisoka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang, merupakan salah satu tempat wisata baru yang terletak di Kampung Cigaru. Walaupun lokasinya agak tersembunyi, namun lokasi ini menyuguhkan keindahan danau dengan air yang berwarna-warni. Danau tersebut juga dipercantik dengan ornamen kebiruan yang terkadang berubah menjadi hijau. Pesona tersebut mampu menarik minat banyak pengunjung dan rasa penasaran untuk melihatnya dari dekat.

Dengan keunikan yang begitu memesona itu, Danau Biru Cigaru selalu ramai dikunjungi oleh muda-mudi dan anak sekolah. Para pengunjung singgah untuk sekadar menikmati keindahan air yang dapat berubah warna atau sambil bercengkrama bersama teman dan juga keluarga.

Sebelumnya menjadi tempat wisata, danau tersebut merupakan lubang besar sisa hasil penggalian tambang pasir. Lubang tersebut kemudian terisi air hujan sehingga berubah menjadi sebuah telaga besar. Warna danau tersebut akan berubah dari biru cerah menjadi hijau terang, atau berubah kembali menjadi biru tua dan hijau pekat tergantung dari kondisi cuaca setempat.

Andi, selaku pengelola wisata Danau Biru Cigaru menjelaskan, sebelumnya telaga tersebut adalah bekas penggalian pasir selama lebih kurang 10 (sepuluh) tahun lamanya. Namun kini beralih fungsi menjadi tempat wisata. Andi mengatakan bahwa setelah penggalian berhenti selama delapan tahun, air masih berwarna coklat pekat dan mulai berubah menjadi hijau kebiruan pada bulan September sekitar tahun 2015 lalu.

Selain murah, wisata danau buatan ini juga jaraknya tidak terlalu jauh dan strategis. Andi juga menambahkan, untuk persiapan liburan panjang di akhir tahun ini sudah mempersiapkan lahan parkir dan tempat duduk bagi para pengunjung yang akan datang.

“Nantinya pengunjung juga akan kita arahkan ke Tebing Koja, karena tempat wisata di sini tidak hanya danau saja. Tetapi ada goa juga yang terletak tidak jauh dari danau,” kata Andi.

Tidak berapa lama berselang, warga sekitar berinisiatif membuka warung kecil-kecilan sebagai usaha mereka untuk menambah penghasilan. Saat diwawancara, salah seorang pemilik warung mengatakan bahwa Danau Biru Cigaru mulai ramai ketika awal November 2015 sampai sekarang.

“Tempatnya bagus, mirip kawah putih di Tangkuban Perahu Bandung. Murah lagi, cuma bayar parkir aja Rp 3.000,” ucap salah seorang pengunjung.

 

Ditulis oleh : Muhammad Rizal Falaq & Adlan Mizanuddin (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untirta)

Diedit oleh : Imam B. Carito

You might also like
Comments
Loading...