Corruption Perceptions Index 2014: Indonesia Peringkat 69 Negara Terkorup di Dunia

Satubanten.com – Indonesia duduk di peringkat 107 negara terbersih di dunia atau sejajar dengan peringkat 69 negara terkorup di planet bumi. Demikian rilisan Transparency International yang menempatkan Korea Utara dan Somalia sebagai negara terkorup pertama dari 175 negara yang masuk dalam daftar.

Transparency International memberikan rentang 1 hingga 100 poin untuk setiap negara, dengan rincian semakin besar angkanya, semakin bersih pula negara tersebut. Posisi negara paling bebas dari korupsi dipegang oleh Denmark yang mendapatkan 92 angka dan diikuti oleh Selandia Baru (91 poin).

Dasar penentuan daftar negara terbersih dan terkorup terletak pada beberapa hal. Misalnya terbuka atau tidaknya akuntabilitas pejabat publik di sebuah negara, kemungkinan mereka menerima suap, peluang memanfaatkan posisi demi keuntungan pribadi, dan sejauh apa sistem peradilan sebuah negara menghukum para pejabat nakal mereka.

Tujuh negara Eropa masuk dalam 10 besar negara terbersih. Sementara Asia diwakili oleh Singapura yang duduk di perngkat tujuh (84 poin). Amerika Utara diwakili oleh Kanada yang berada di posisi paling buncit dalam 10 besar tersebut dengan 81 angka.

Amerika Serikat ternyata hanya duduk di peringkat 17 dalam daftar tersebut, dengan 74 angka. Mereka kalah bersih dibandingkan dengan Jerman (peringkat 12 dengan 79 poin) dan Inggris (peringkat 14 dengan 78 poin). Namun lebih baik daripada Rusia (peringkat 136).

Indonesia berada di urutan ke-107 negara terbersih di dunia. Total poin yang didapatkan Indonesia adalah 34, naik dua angka dibandingkan dari penilaian pada tahun 2012 dan 2013. Di Asia Tenggara, Indonesia kalah bersih dari Singapura, Malaysia dengan peringkat 50, sementara Thailand dan Filipina sama-sama berada di peringkat 85. (B02/TI)

You might also like
Comments
Loading...